Kompetensi Tutor Dalam Perencanaan Program Pelatihan Tata Kecantikan Rambut DI Lkp Widhi Kabupaten Jember
Abstract
Kompetensi tutor di LKP Widhi sangat diperlukan agar dapat merencanakan 
sebuah pelatihan yang baik dan benar. Para peserta pelatihan memiliki ketrampilan 
baru setelah mengikuti pelatihan. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan 
ekonomi dengan cara bekerja di bidang tata kecantikan rambut maupun dapat 
membuka salon kecantikan sendiri di rumah masing-masing peserta pelatihan yang 
telah dinyatakan lulus dan memiliki sertifikat.. Dengan adanya perencanaan 
pelatihan yang baik dan benar maka akan menghasilkan sebuah pelatihan yang 
bagus. Serta dengan kompetensi seorang tutor yang memadai maka akan bisa 
membuat sebuah perencanaaan program pelatihan dengan bagus. Rumusan masalah 
dari penelitian ini adalah bagaimana kompetensi tutor dalam perencanaan pelatihan 
tata kecantikan rambut di LKP Widhi Kabupaten Jember. Tujuan penelitian yaitu 
untuk mengetahui kompetensi tutor dalam perencanaan program pelatihan tata 
kecantikan rambut di LKP Widhi Kabupaten Jember. Sedangkan manfaat dari 
penelitian ini adalah memaparkan kegunaan hasil dari sebuah penelitian yang akan 
di capai, baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan umum dan 
diharapkan menjadi bahan perbandingan dan literatur bagi peneliti lain yang ingin 
meneliti kaitannya dengan Kompetensi tutor dalam merencanakan pelatihan tata 
kecantikan rambut.
Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penentuan tempat 
penelitian menggunakan metode purposive area. Maka peneliti memilih 
melaksanakan penelitian di LKP Widhi Kabupaten Jember. Teknik penentuan 
informan menggunakan teknik snowball sampling. Sedangkan pengumpulan 
datanya menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. 
Teknik pemeriksaan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk analisis dan penyajian data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, 
penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa kompetensi tutor sangat 
dibutuhkan untuk menunjang sebuah pelatihan. Dalam hal ini kompetensi yang 
dimkasud adalah kompetensi pedagogic dan kompetensi profesional. kompetensi 
pedagogic yang harus dikuasai meliputi pemahaman terhadap peserta didik, 
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan 
pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang 
dimilikinya. Oleh sebab itu kompetensi pedagogic sangat diperlukan sebagai 
instruktur pelatihan agar mampu memahami dan juga melakukan proses 
pembelajaran dengan baik dan benar, dan juga dapat melakukan pembelajaran yang 
efektif supaya dapat dipahami oleh peserta. Serta kompetensi profesional sangat 
diperlukan untuk tutor agar dapat melakukan proses pembelajaran yang baik, dan 
juga dapat mengembangkan proses pembelajaran yang mudah dipahami oleh 
peserta pelatihan, dan pada saat pembelajaran dari pihak Lembaga Kursus dan 
Pelatihan Widhi memiliki system pembelajaran sendiri dengan cara melihat dari 
kemampuan pesertanya. Jika pesertanya memiliki SDM yang rendah maka saat 
pembelajaran memberikan contoh yang dengan bahasa yang ringan dan mudah di 
fahami oleh peserta pelatihan. Bahkan kadang instruktur memilih lebih intens 
dalam mengajari peserta pelatihan seperti mendekatinya langsung pada saat 
praktek.
Berdasarkan analisis data, dapat di ambil garis besar bahwa kompetensi 
tutor di LKP Widhi sangat diperlukan agar dapat merencanakan sebuah pelatihan 
yang baik dan benar. Para peserta pelatihan memiliki ketrampilan baru setelah 
mengikuti pelatihan. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi 
dengan cara bekerja di bidang tata kecantikan rambut maupun dapat membuka 
salon kecantikan sendiri di rumah masing-masing peserta pelatihan yang telah 
dinyatakan lulus dan memiliki sertifikat.