Kompetensi Tutor Dalam Perencanaan Program Pelatihan Tata Kecantikan Rambut DI Lkp Widhi Kabupaten Jember
Abstract
Kompetensi tutor di LKP Widhi sangat diperlukan agar dapat merencanakan
sebuah pelatihan yang baik dan benar. Para peserta pelatihan memiliki ketrampilan
baru setelah mengikuti pelatihan. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan
ekonomi dengan cara bekerja di bidang tata kecantikan rambut maupun dapat
membuka salon kecantikan sendiri di rumah masing-masing peserta pelatihan yang
telah dinyatakan lulus dan memiliki sertifikat.. Dengan adanya perencanaan
pelatihan yang baik dan benar maka akan menghasilkan sebuah pelatihan yang
bagus. Serta dengan kompetensi seorang tutor yang memadai maka akan bisa
membuat sebuah perencanaaan program pelatihan dengan bagus. Rumusan masalah
dari penelitian ini adalah bagaimana kompetensi tutor dalam perencanaan pelatihan
tata kecantikan rambut di LKP Widhi Kabupaten Jember. Tujuan penelitian yaitu
untuk mengetahui kompetensi tutor dalam perencanaan program pelatihan tata
kecantikan rambut di LKP Widhi Kabupaten Jember. Sedangkan manfaat dari
penelitian ini adalah memaparkan kegunaan hasil dari sebuah penelitian yang akan
di capai, baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan umum dan
diharapkan menjadi bahan perbandingan dan literatur bagi peneliti lain yang ingin
meneliti kaitannya dengan Kompetensi tutor dalam merencanakan pelatihan tata
kecantikan rambut.
Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penentuan tempat
penelitian menggunakan metode purposive area. Maka peneliti memilih
melaksanakan penelitian di LKP Widhi Kabupaten Jember. Teknik penentuan
informan menggunakan teknik snowball sampling. Sedangkan pengumpulan
datanya menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik pemeriksaan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk analisis dan penyajian data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa kompetensi tutor sangat
dibutuhkan untuk menunjang sebuah pelatihan. Dalam hal ini kompetensi yang
dimkasud adalah kompetensi pedagogic dan kompetensi profesional. kompetensi
pedagogic yang harus dikuasai meliputi pemahaman terhadap peserta didik,
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan
pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang
dimilikinya. Oleh sebab itu kompetensi pedagogic sangat diperlukan sebagai
instruktur pelatihan agar mampu memahami dan juga melakukan proses
pembelajaran dengan baik dan benar, dan juga dapat melakukan pembelajaran yang
efektif supaya dapat dipahami oleh peserta. Serta kompetensi profesional sangat
diperlukan untuk tutor agar dapat melakukan proses pembelajaran yang baik, dan
juga dapat mengembangkan proses pembelajaran yang mudah dipahami oleh
peserta pelatihan, dan pada saat pembelajaran dari pihak Lembaga Kursus dan
Pelatihan Widhi memiliki system pembelajaran sendiri dengan cara melihat dari
kemampuan pesertanya. Jika pesertanya memiliki SDM yang rendah maka saat
pembelajaran memberikan contoh yang dengan bahasa yang ringan dan mudah di
fahami oleh peserta pelatihan. Bahkan kadang instruktur memilih lebih intens
dalam mengajari peserta pelatihan seperti mendekatinya langsung pada saat
praktek.
Berdasarkan analisis data, dapat di ambil garis besar bahwa kompetensi
tutor di LKP Widhi sangat diperlukan agar dapat merencanakan sebuah pelatihan
yang baik dan benar. Para peserta pelatihan memiliki ketrampilan baru setelah
mengikuti pelatihan. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi
dengan cara bekerja di bidang tata kecantikan rambut maupun dapat membuka
salon kecantikan sendiri di rumah masing-masing peserta pelatihan yang telah
dinyatakan lulus dan memiliki sertifikat.