Pengaruh Penerapan Teori Bruner Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV DI Sdn 3 Panderejo Banyuwangi
Abstract
Menurut Hudoyo (dalam Hawa, 2008: 1-5) belajar matematika akan lebih
berhasil apabila proses belajar diarahkan pada konsep dan struktur dalam pokok
bahasan yang diajarkan, di samping hubungan yang terkait antara struktur dan
konsep. Dengan mengenal konsep dan struktur yang tercakup dalam bahan yang
sedang dibicarakan, siswa akan memahami materi. Ini menunjukkan bahwa materi
yang mempunyai suatu pola atau struktur tertentu lebih mudah dipahami dan
diingat siswa.
Hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru dan siswa kelas IV di
SDN 3 Panderejo Banyuwangi bahwa guru masih menggunakan model
pembelajaran konvensional. Guru tidak menggunakan media ataupun benda benda konkret yang bisa dimanipulasi oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara
menunjukkan bahwa mayoritas siswa tidak menyukai matematika karena merasa
bosan dan menyebabkan siswa bermain sendiri dan tidak memperhatikan guru
saat mengajar, selain itu membutuhkan kemampuan dalam menghafal dan
menghitung dengan menggunakan rumus.
Pembelajaran Matematika dengan menerapkan teori belajar Bruner
menekankan pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif
siswa, yaitu tahap enaktif, tahan ikonik, dan tahap simbolik, sehingga siswa dapat
memahami konsep dengan baik. Model bruner lebih menekankan pada sesuatu hal
yang besifat nyata (konkrit), hal ini sesuai dengan karakter siswa sekolah dasar.
Terori bruner tepat jika diterapkan pada saat pembelajaran dengan materi bangun
datar, siswa dapat memahami bangun datar dan mengerti bangun datar secara
nyata dengan mengamati benda-benda yang ada di sekitar kelas. Teori Bruner
dapat memotivasi dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
adakah pengaruh yang signifikan pernerapan teori Bruner terhadap hasil belajar
pokok bahasan keliling bangun datar pada siswa kelas IV di SDN 3 Panderejo
Banyuwangi.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi
eskperimental) dengan pola pretest-posttest nonequivalent control group design.
Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020.
Responden dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36
siswa.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan teori Bruner nilai siswa lebih meningkat. Hal
ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 85 dan rata-rata nilai
pada kelas kontrol yaitu 51. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan
dengan SPSS, nilai thitung yang diperoleh sebesar 7,989. Harga ttabel dengan db= 34
pada taraf signifikasi 5% atau 0,05 adalah 0,339. Hasil analisis menunjukkan
bahwa thitung > ttabel atau 7,96 > 0,339 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan teori Bruner terhadap hasil belajar pokok
bahasan keliling bangun datar persegi panjang, persegi, dan segitiga pada siswa
kelas IV SDN 3 Panderejo Banyuwangi..
Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif penyampaian
pembelajaran materi bangun datar berdasarkan teori Bruner. Penelitian ini juga
dapat menambah wawasan dan memberikan masukan untuk penelitian
selanjutnya. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga
diharapkan hasil penelitian selanjutnya dapat memberikan hasil yang lebih baik.