Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Wayang Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV Di MI Unggulan Nuris Jember
Abstract
Pembelajaran tematik terpadu merupakan proses pembelajaran yang
menggabungkan mata pelajaran yang saling berkaitan sehingga peserta didik
menjadi bermakna dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang digunakan
saat ini berpacu pada kurikulum 2013. Pembelajaran K13 salah satu pendukung
berjalannya proses pembelajaran yaitu siswa terlibat aktif akan tetapi, di lapangan
jarang siswa aktif dalam pelaksanaannya. Hasil wawancara dan observasi di MI
Unggulan Nuris Jember siswa memerlukan dorongan, pancingan, bahkan paksaan
untuk memahami pembelajaran agar aktif di dalam kelas. Guru berperan penting
dalam proses pembelajaran dan diperlukan kreatifitas untuk merencanakan
pembelajaran agar pembelajaran mudah dipahami dan bermakna sehingga
berpengaruh pada hasil belajar siswa. Salah satu aspek yang dapat membantu
mengoptimalkan pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran
saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran kooperatif tipe
make a match merupakan salah satu alternatif yang digunakan oleh guru.