Show simple item record

dc.contributor.authorEKA RASITA WULANDARI
dc.date.accessioned2013-09-12T02:25:40Z
dc.date.available2013-09-12T02:25:40Z
dc.date.issued2013-09-12
dc.identifier.nimNIM090210204149
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1026
dc.description.abstractHasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di SDN Jember Lor 05 kelas IV masih menggunakan metode ceramah dan penugasan saja sehingga pembelajaran cenderung membosankan. Proses pembelajaran menyebabkan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah, sehingga dilakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA pada pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA pada pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2011-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN jember Lor 05 tahun pelajaran 2011-2012, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 tahun pelajaran 201-2012. Pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli dapat memberikan pembelajaran yang membangkitkan motivasi bagi siswa, karena melalui pembelajaran ini siswa dapat melakukan aktivitas dan mengembangkan keterampilan berfikirnya, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal siklus I 67,40% dalam kategori aktif dan siklus II meningkat menjadi 76,90% dalam kategori sangat aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu untuk prasiklus 44,12% dengan 19 siswa belum tuntas. Pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 73,53% dengan 9 siswa belum tuntas, dan siklus II sebesar 82,35% dengan 6 siswa belum tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2) pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012. Saran dari hasil penelitian ini adalah: (1) bagi siswa, metode dan media yang telah digunakan menjadi cara alternatif yang dapat membuat siswa lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPA. (2) bagi guru, metode dan media yang telah digunakan dalam penelitian dapat menjadi metode dan media alternative sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. (3) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru sehingga dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa. (4) bagi Lembaga, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Jember Lor 05.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204149;
dc.subjectPENERAPAN METODE EKSPERIMENen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN WUJUD BENDA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMBER LOR 05 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record