PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN WUJUD BENDA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMBER LOR 05 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di SDN 
Jember Lor 05 kelas IV  masih menggunakan metode  ceramah dan  penugasan saja 
sehingga pembelajaran cenderung membosankan. Proses pembelajaran menyebabkan  
siswa kurang aktif  dan  hasil belajar siswa  rendah, sehingga dilakukan penelitian 
tindakan kelas.  Rumusan masalah  pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah 
peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA pada  pokok 
bahasan wujud benda melalui penerapan  metode eksperimen  dengan  menggunakan 
media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan  Patrang Kabupaten 
Jember  Tahun Pelajaran 2011-2012, (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil 
belajar IPA pada pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen 
dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan 
Patrang Kabupaten Jember  tahun Pelajaran 2011-2012.  Tujuan dari penelitian ini 
adalah: (1) untuk  meningkatkan aktivitas  belajar siswa dalam pembelajaran IPA 
pokok bahasan wujud benda melalui penerapan  metode eksperimen  dengan 
menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN jember Lor 05  tahun pelajaran 
2011-2012, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran  IPA 
pokok bahasan wujud benda melalui penerapan  metode eksperimen  dengan 
menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05  tahun pelajaran 
201-2012. Pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli dapat memberikan pembelajaran yang membangkitkan motivasi bagi siswa, karena melalui 
pembelajaran ini siswa dapat melakukan aktivitas dan mengembangkan keterampilan 
berfikirnya, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. 
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 05 Kecamatan Patrang 
Kabupaten Jember yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa 
kelas IV  dengan jumlah  34  siswa yang terdiri dari  21  laki-laki dan 13  perempuan. 
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. 
 Berdasarkan  analisis data hasil penelitian untuk  aktivitas siswa diperoleh 
persentase aktivitas siswa klasikal siklus I 67,40% dalam kategori aktif dan siklus II 
meningkat menjadi  76,90%  dalam kategori sangat aktif.  Dari analisis  hasil  belajar 
diperoleh persentase ketuntasan  hasil belajar klasikal dan individu  untuk  prasiklus 
44,12% dengan 19  siswa belum tuntas. Pada siklus I diperoleh ketuntasan  sebesar 
73,53% dengan  9  siswa belum tuntas,  dan siklus II  sebesar  82,35%  dengan  6  siswa 
belum tuntas.  
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)  aktivitas siswa selama 
pembelajaran IPA  menggunakan metode eksperimen dan media asli  mengalami 
peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2) 
pembelajaran IPA menggunakan  metode eksperimen dan media asli  dapat 
meningkatkan  ketuntasan  hasil belajar siswa kelas IV  SD Negeri Jember Lor 05 
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012. 
Saran dari hasil penelitian ini adalah: (1) bagi siswa, metode dan media yang 
telah digunakan  menjadi cara alternatif yang  dapat  membuat siswa lebih aktif dan 
termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPA. (2) bagi guru, metode dan media 
yang telah digunakan dalam penelitian  dapat menjadi metode dan media alternative 
sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.  (3)  bagi peneliti 
lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu 
yang baru  sehingga  dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa. (4) bagi Lembaga, 
diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Jember Lor 05.
