• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Karakteristik Spray Bahan Bakar Campuran Diesel Dan Biodiesel Nyamplung (Calophyllum Inophyllum) Dengan Perlakuan Panas

    Thumbnail
    View/Open
    Luluk Fitri Yani - 181910101152.pdf-.pdf (2.257Mb)
    Date
    2020-01-21
    Author
    YANI, Luluk Fitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagian besar polusi udara tujuh puluh persennya disebabkan oleh kegiatan transportasi. Gas buang yang keluar dari knalpot kendaraan bermotor sekitar delapan persen gas buangnya merupakan kumpulan dari bermacam-macam gas beracun, diantaranya CO, HC, CO2, dan NOx. Gas ini terbentuk oleh pembakaran yang tidak sempurna. Untuk mengurangi emisi gas buang berbahaya terdapat beberapa cara yang daapat dilakukan salah satunya dengan memanaskan bahan bakar, agar viskositas bahan bakar turun sehingga bahan bakar mudah diinjeksikan ke dalam ruang bakar Hal ini juga dimaksudkan agar bahan bakar lebih mudah bercampur dengan udara yang masuk ke dalam silinder sehingga homogenitas campuran bahan bakar dan udara akan lebih baik serta dapat menekan gas buang hasil pembakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu biodiesel nyamplung (calophyllum inopyllum) yang sesuai dengan Standart Nasional Indonesia (SNI) agar bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak diesel di industry Indonesia serta untuk mengetahui pengaruh penambahan biodiesel nyamplung (calophyllum inopyllum) dan penambahan pemanas terhadap karakteristik semburan bahan bakar yang meliputi panjang penetrasi, sudut semburan, viskositas, kecepatan bahan bakar dan volume spray pada masing-masing komposisi bahan bakar B0 (100% minyak diesel), B50 (50% minyak diesel dan 50% biodiesel nyamplung) dan B100 (100% biodiesel nyamplung) dengan variasi tanpa pemanas dan menggunakan pemanas pada temperatur 500, 700 dan 900. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental menggunakan alat nozzle tester. Untuk merekam hasil semburan bahan bakar digunakan kamera dengan kecepatan tinggi yaitu 1000 fps. Hasil penelitian ini adalah penambahan biodiesel menyebabkan viskositas bahan bakar menjadi lebih tinggi, sedangkan penambahan pemanas menyebabkan viskositas bahan bakar menjadi lebih rendah. Penambahan biodiesel menyebabkan panjang penetrasi bahan bakar menjadi lebih kecil, sedangkan penambahan biodiesel dan pemanas menjadikan panajang penetrasi bertambah. Penambahan biodiesel menyebabkan sudut semburan semakin kecil, sedangkan penambahan biodiesel dan pemanas menyebabkan sudut semburan menjadi lebih besar. Penambahan biodiesel terhadap kecepatan bahan bakar menjadi menurun, sedangkan penambahan biodiesel dan pemanas menyebabkan kecepatan bahan bakar bertambah. Penambahan biodiesel menyebakan volume spray bahan bakar konstan atau tetap, sedangkan penambahan biodiesel dan pemanas menjadikan volume spray semakin berkurang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102533
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository