• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN METODE EKSPERIMEN POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BENDA KELAS III SDN KEBONSARI 01 YOSOWILANGUN- LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Eimelia Hoeseiy_001.pdf (9.484Mb)
    Date
    2013-09-12
    Author
    EIMELIA HOESEIY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi seringkali membuat siswa menjadi jenuh dan mengantuk, karena selama ini pembelajaran yang dilakukan hanya bersifat teacher centered sehingga siswa akan enggan untuk memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini sangat bertentangan dengan IPA sebagai ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan kegiatan percobaan (eksperimen) dan pengamatan yang dapat menarik serta membangun sifat keingintahuan pada diri siswa Model pembelajaran merupakan pola pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengasah kemampuan dan keterampilan siswa. Melalui model pembelajaran learning cycle diharapkan siswa dapat terlibat secara langsung dan berperanan aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran learning cycle adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Model pembelajaran learning cycle merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yaitu: pembangkitan minat (engagement), eksplorasi (exploration), penjelasan (explanation), penerapan konsep (elaboration), evaluasi (evaluation). Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang dapat dikemukakan adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA melalui model pembelajaran learning cycle dengan metode eksperimen pokok bahasan sifat-sifat benda kelas III SDN Kebonsari 01 Yosowilangun-Lumajang tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA selama diterapkannya model pembelajaran learning cycle dengan metode eksperimen pokok bahasan sifat-sifat benda kelas III SDN Kebonsari 01 Yosowilangun-Lumajang tahun ajaran 2011/2012. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus (siklus I dan siklus II), masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Objek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kebonsari 01. Hasil penelitian di SDN Kebonsari 01 menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran learning cycle dengan metode eksperimen aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum tindakan mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum tindakan, aktivitas belajar siswa sebesar 52% meningkat pada siklus I sebesar 62,6% tetapi hasil tersebut belum memenuhi target kriteria sebesar ≥ 75% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II aktivitas belajar meningkat menjadi 78%. Hasil belajar sebelum tindakan sebesar 62%, pada siklus I meningkat sebesar 74% namun hasil tersebut juga belum mencapai target ketuntasan yang diinginkan sebesar ≥ 75% sehingga dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 80%. Hasil yang diperoleh pada siklus II, baik itu aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dan sudah mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan ringkasan diatas ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan antara lain apabila pembelajaran model lerning cycle diterapkan, guru hendaknya lebih kreatif dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran, selain itu pengelolaan kelas harus lebih terencana dan terorganisasi agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1025
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository