• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dampak dari Pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) terhadap Kawasan Pesisir Pantai di Kabupaten Malang Selatan

    Thumbnail
    View/Open
    F. EB_Jurnal_Herman Cahyo D_Dampak dari Pembangunan Jalan Lintas Selatan.pdf (612.1Kb)
    Date
    2020-10-01
    Author
    DIARTHO, Herman Cahyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesenjangan wilayah terjadi karena setiap wilayah dengan wilayah lain memiliki perbedaan faktor endowment. Faktor itu berbentuk seperti : sumberdaya manusia, wilayah geografis, serta ketersediaan sarana dan prasarana pembangunan. Hal ini diperkuat oleh pendapat ekonom mazhab neoklasik, antara lain : Walter Isard (1950,63), Myrdal (1976, 56-59 dan 62-65), Friedmann (1979, 221) dan yang terakhir adalah Douglass (1979, 76). Hasil penelitian menjelaskan bahwa infrastruktur Jalan Lintas Selatan di Wilayah Kabupaten Malang Selatan memberikan eksternalitas positif pada pembangunan ekonomi lokal masyarakat kawasan pesisir pantai. Selain itu juga meningkatkan kapitalisasi pada sektor input pada industri perikanan pantai dengan meningkatkan investasi dan penambahan armada kapal. Eskternalitas negatif terjadi tarikan sumberdaya alam di kawasan pesisir pantai ke seluruh pusat-pusat ekonomi di Malang Raya secara cepat dan masif. Ketersediaan sumber daya alam pesisir pantai masih dalam kategori lestari meskipun dilakukan eksplorasi yang cenderung meningkat setelah pembangunan infrastruktur Jalan Lintas Selatan (JLS). Metode alat analisis yang digunakan adalah Maksimum Sustainable Yiel/MSY dan Valuasi Ekonomi (Contingen Valuasi Methode/CVM) untuk menelaah hasil formulasi nilai Willingness to Pay/WTP dan nilai Willingness to Act/WTA. Tarikan sumber daya kawasan pesisir pantai di jelaskan secara dskriptif kualitatif. Paradigma Pembangunan Keberlanjutan digunakan dalam menjelaskan ekternalitas infrastruktur Jalan Lintas Selatan (JLS) terhadap pengembangan wilayah kawasan pesisir pantai di Kabupaten Malang Selatan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102447
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7410]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository