Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHANDONO, Trapsilo
dc.contributor.advisorHARIJANTO, Alex
dc.contributor.authorARIYANI, Arum
dc.date.accessioned2020-12-08T02:45:47Z
dc.date.available2020-12-08T02:45:47Z
dc.date.issued2020-02-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102403
dc.description.abstractPraktek pembelajaran yang sering diterapkan di kebanyakan sekolah condong mendorong siswa untuk menghafal prinsip dan konsep serta belum mampu memanfaatkan konsep tersebut sebagai alternatif menyelesaikan masalah. Hal serupa juga berlaku pada mata pelajaran fisika. Para siswa seringkali menjawab atau menyelesaikan permasalahan dari guru dengan jawaban seadanya dan monoton. Hal ini memperlihatkan bahwa kemampuan kreativitas ilmiah siswa tergolong rendah. Permendiknas No. 20 tahun 2016 menyatakan bahwa melalui pendekatan ilmiah suatu pembelajaran akan menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir, bertindak secara kreatif, mandiri, kritis, kolaboratif, produktif, dan komunikatif. Tujuan tersebut juga berlaku untuk mata pelajaran fisika. Pengguaan lembar kerja siswa memberikan dampak yang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Dengan memadukan lembar kerja siswa dengan bantuan akan meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah dan hasil belajar siswa. Banyak penelitian yang telah dilakukan dan menunjukkan hasil positif dari penerepan lembar kerja siswa berbantuan diagram Vee. Diagram Vee merupakan diagram berbentuk “V” yang merepresentasikan teori belajar konstruktivisme. Diagram Vee membantu siswa untuk mengorganisasikan pengetahuan yang disusun berdasarkan kegiatan prosedural, konsep-konsep teoritis dan ide-ide yang merujuk pada penyelidikan ilmiah. Dengan pembelajaran yang sedemikian rupa diharapkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa akan berkembang dan memberikan dampak yang baik pada hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari penerapan LKS Fisika SMA berbasis diagram Vee sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah (scientific creativity) dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Teknik analisis data yang digunakann oleh peneliti adalah uji normalitas dan uji beda (t-test) dengan menggunakan SPSS 23. Peneliti melakukan 3 kali pembelajaran fisika mengenai materi suhu dan kalor di dalam kelas pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perlakuan yang diberikan kepada kelas kontrol dan eksperimen oleh peneliti adalah berbeda. Kelas eksperimen menggunakan LKS Fisika SMA berbasis diagram Vee, sedangkan untuk kelas kontrol tidak menggunakannya.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160210102049;
dc.subjectdiagram veeen_US
dc.subjectkreativitas ilmiah (Scientific Creativity)en_US
dc.subjectmateri suhu dan kaloren_US
dc.subjectsuhu dan kaloren_US
dc.titlePengaruh Lks Fisika Sma Berbasis Diagram Vee Terhadap Kemampuan Kreativitas Ilmiah (Scientific Creativity) Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kaloren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi2101020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record