Penggunaan Sistem Aplikasi Manajemen Surat (Ams) Dalam Pengelolaan Korespondensi Pad Perusahaan Listrik Negara (Pln) (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (up3) Kabupaten Jember
Abstract
Pada PT PLN (Persero) UP3 Jember bagian yang menangani
korespondensi berada pada sub bagian sekretariat umum UP3 Jember, dimana
surat-surat masuk dari luar langsung diterima oleh sekretariat. Dalam pengelolaan
korespondensi pada PT PLN (Persero) UP3 Jember menggunakan dengan Sistem
Aplikasi Manajemen surat atau yang disingkat dengan AMS. Namun, AMS ini
hanya digunakan dalam lingkungan PLN saja.
Berdasarkan Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan pada PT PLN (Persero)
UP3 Jember, maka dapat ditarik kesimpulannya sebagai berikut:
a. Prosedur Pengelolaan Surat Masuk
Surat masuk pada PT PLN (Persero) UP3 Jember memiliki dua jenis yaitu,
surat masuk via online dan surat masuk via offline. Surat masuk via online adalah
surat elektronik yang diterima melalui aplikasi khusus surat atau email. Surat
offline adalah surat manual yang diterima melalui kantor pos ataupun jasa kurir.
1) Pengelolaan Surat Masuk Online
Tahapan pengelolaan surat masuk online yaitu mulai dari sekretaris
membuka AMS, lalu sekretaris membuka surat pada inbox, setelah sekretaris
membuka surat masuk selanjutnya yaitu sekretaris mendisposisikan surat masuk
kepada yang dituju, setelah surat masuk didisposisikan lalu sekretaris melakukan
pengarsipan surat masuk tersebut.
2) Pengelolaan Surat Masuk Offline
Tahapan pengelolaan surat masuk offline yaitu mulai dari sekretaris
menerima surat dari resepsionis, lalu sekretaris melakukan scanner pada surat
masuk tersebut, setelah surat masuk telah discan tahap selanjutnya yaitu sekretaris
melakukan penginputan surat masuk pada AMS, setelah surat masuk telah
berhasil diinput selanjutnya yaitu sekretaris mendisposisikan surat masuk tersebut
kepada yang dituju, lalu tahap terakhir yaitu sekretaris melakukan pengarsipan
surat masuk tersebut, arsip disimpan di AMS dan juga pada lemari arsip.