dc.description.abstract | Berdasarkan hasil kegiatan Praktik Kerja Nyata (PKN) di Kantor Pos
Besar Jember tentang Penerapan Etika Pelayanan di Kantor Pos Besar Jember
dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. SOP (Standart Operation Procedur) Sebagai Sentral Layanan Pelanggan
Korporat di kantor Pos Besar Jember. Dengan adanya SOP, kinerja pegawai
bisa lebih terarah dan optimal. Pada kegiatan operasionalnya belum
memenuhi kestabilan operasional Perusahaan terdapat kekurangan seperti
permasalahan terhambatnya pekerjaan dan masalah pengendalian internal
yang kurang memadai. Atas beberapa permasalahan tersebut maka diperlukan
evaluasi lebih lanjut atas prosedur SOP.
2. Standar pelayanan
Standar pelayanan Kantor Pos Besar Jember dalam memberikan pelayanan
kepada konsumen berfungsi untuk lebih menambah kepuasan dan
kepercayaan yang maksmimal, oleh karena itu dalam rangka penerapan etika
pelayanan harus dilakukan sesuai dengan standar pelayanan yang baik dan
tidak adanya terjadi keluhan terhadap konsumen.
3. Berdasarkan kondisi di lapangan
Dari hasil kegiatan kondisi di lapangan, mengarah pada bagian SLPK (Sentral
Layanan Pelanggan Korporat). Dalam melaksanakan Praktik Kerja Nyata
pada Kantor Pos Besar Jember di bagian SLPK pelaksanaan tugas pokok
serta fungsi TI (Teknologi Informasi) selama ini dapat dikategorikan dalam
temuan yang belum memuaskan karena TI yang overload yang harus sesuai
kapasitas, dan kurangnya personil sehingga menghambat kinerja dalam
melaksanakan pekerjaan. | en_US |