Show simple item record

dc.contributor.advisorArifin, Syamsul S.T., M.T.
dc.contributor.advisorKriswardhana, Willy S.T., M.T.
dc.contributor.authorSukma Widanar, MARCO
dc.date.accessioned2020-12-03T03:37:21Z
dc.date.available2020-12-03T03:37:21Z
dc.date.issued2020-01-10
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102324
dc.description.abstractArus lalu – lintas pada Jalan Gajah Mada dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan perkembangan pada daerah Jalan Gajah Mada. Untuk menemukan suatu model transportasi yang sesuai pada jalan ini, terlebih dahulu diperlukan pengetahuan mengenai karakteristik lalu – lintas dan model hubungan antar karakteristik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model hubungan antar karakteristik volume (V), kecepatan (S) dan kepadatan (D) lalu – lintas sesuai dengan kondisi yang ada serta membandingkan nilai kapasitas dari model Greenshield, Greenberg, dan Underwood dengan pedoman dasar Manual Kapasitas Jalan Indoneia (MKJI 1997). Hasil dari penelitian ini diperoleh analisis pada ruas Jalan Gajah Mada untuk arah ke kota didapat Model yang sesuai dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) yang paling tinggi yaitu Model Underwood sebesar 0,393 yang memiliki persamaan untuk setiap hubungan yaitu (S-D) S = 44,826 . exp (-D / 198,005); (V-S) V = S . 198,005 . Ln (44,826 / S); (V-D) V = D. 44,826 . exp (-D / 198,005). Sedangkan untuk arah luar kota didapat model yang sesuai yaitu Model Greenberg dengan (R2) sebesar 0,43 yang memiliki persamaan untuk tiap – tiap hubungan yaitu (S-D) S = 8,783 – Ln (1798,312 / D); (V-S) V = S . 1798,312 . exp (-S / 8,783); (V-D) V = 8,783 . D . Ln (1798,312 / D). Sementara untuk hasil nilai kapasitas di ruas Jalan Gajah Mada arah ke kota dari ketiga model tersebut adalah Greenshield sebesar 2728,357 smp/jam, Greenberg sebesar 11468,455 smp/jam, dan Underwood sebesar 3265,246 smp/jam. Sedangkan hasil perhitungan arah ke luar kota dari ketiga model tersebut adalah Greenshield sebesar 1877,362 smp/jam, Greenberg sebesar 5810,257 smp/jam, dan Underwood sebesar 2273,916 smp/jam. Sehingga dari ketiga model tersebut didapatkan model Underwood yang sesuai untuk ruas Jalan Gajah Mada baik arah ke kota maupun arah ke luar kota. Hal tersebut disebabkan karena nilai kapasitas untuk model Underwood mendekati perhitungan MKJI 1997. Nilai kapasitas arah ke kota model underwood sebesar 3265,246 smp/jam, sedangkan metode MKJI 1997 3312,144 smp/jam. Nilai kapasitas arah ke luar kota model underwood sebesar 2273,916 smp/jam, sedangkan metode MKJI 1997 3177,504 smp/jamen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Teknik Universitas Jemberen_US
dc.subjectPemodelan Kinerja Lalu Lintasen_US
dc.subjectModel Greenshield, Greenberg dan Underwooden_US
dc.titlePemodelan Kinerja Lalu Lintas Menggunakan Model Greenshield, Greenberg dan Underwood (Studi Kasus Ruas Jalan Gajah Mada Kabupaten Jember)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiTeknik Sipil
dc.identifier.kodeprodi1910301


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record