• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemodelan Kinerja Lalu Lintas Menggunakan Model Greenshield, Greenberg dan Underwood (Studi Kasus Ruas Jalan Gajah Mada Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Marco Sukma Widanar - 161910301027.pdf (3.841Mb)
    Date
    2020-01-10
    Author
    Sukma Widanar, MARCO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Arus lalu – lintas pada Jalan Gajah Mada dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan perkembangan pada daerah Jalan Gajah Mada. Untuk menemukan suatu model transportasi yang sesuai pada jalan ini, terlebih dahulu diperlukan pengetahuan mengenai karakteristik lalu – lintas dan model hubungan antar karakteristik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model hubungan antar karakteristik volume (V), kecepatan (S) dan kepadatan (D) lalu – lintas sesuai dengan kondisi yang ada serta membandingkan nilai kapasitas dari model Greenshield, Greenberg, dan Underwood dengan pedoman dasar Manual Kapasitas Jalan Indoneia (MKJI 1997). Hasil dari penelitian ini diperoleh analisis pada ruas Jalan Gajah Mada untuk arah ke kota didapat Model yang sesuai dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) yang paling tinggi yaitu Model Underwood sebesar 0,393 yang memiliki persamaan untuk setiap hubungan yaitu (S-D) S = 44,826 . exp (-D / 198,005); (V-S) V = S . 198,005 . Ln (44,826 / S); (V-D) V = D. 44,826 . exp (-D / 198,005). Sedangkan untuk arah luar kota didapat model yang sesuai yaitu Model Greenberg dengan (R2) sebesar 0,43 yang memiliki persamaan untuk tiap – tiap hubungan yaitu (S-D) S = 8,783 – Ln (1798,312 / D); (V-S) V = S . 1798,312 . exp (-S / 8,783); (V-D) V = 8,783 . D . Ln (1798,312 / D). Sementara untuk hasil nilai kapasitas di ruas Jalan Gajah Mada arah ke kota dari ketiga model tersebut adalah Greenshield sebesar 2728,357 smp/jam, Greenberg sebesar 11468,455 smp/jam, dan Underwood sebesar 3265,246 smp/jam. Sedangkan hasil perhitungan arah ke luar kota dari ketiga model tersebut adalah Greenshield sebesar 1877,362 smp/jam, Greenberg sebesar 5810,257 smp/jam, dan Underwood sebesar 2273,916 smp/jam. Sehingga dari ketiga model tersebut didapatkan model Underwood yang sesuai untuk ruas Jalan Gajah Mada baik arah ke kota maupun arah ke luar kota. Hal tersebut disebabkan karena nilai kapasitas untuk model Underwood mendekati perhitungan MKJI 1997. Nilai kapasitas arah ke kota model underwood sebesar 3265,246 smp/jam, sedangkan metode MKJI 1997 3312,144 smp/jam. Nilai kapasitas arah ke luar kota model underwood sebesar 2273,916 smp/jam, sedangkan metode MKJI 1997 3177,504 smp/jam
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102324
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository