• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR DI SDN PASRUJAMBE 08 LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Anita Purnami_1.pdf (201.7Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Anita Purnami
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran membuat hasil belajar siswa juga menjadi kurang. Saat proses pembelajaran IPS berlangsung masih terlihat beberapa siswa masih menyalin catatan materi pelajaran yang ditulis guru di papan tulis dan tidak pernah bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami baik kepada guru maupun kepada siswa lainnya, masih terdapat ketidak fahaman siswa pada pelajaran yang diajarkan sehingga menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal – soal yang diberikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa yaitu 56% (sebanyak 14 siswa) dari 25 siswa mendapatkan nilai di bawah 65. Aktivitas siswa yang kurang memperhatikan terhadap pelajaran IPS, mengakibatkan nilai mata pelajaran IPS juga rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN Pasrujambe 8 Lumajang? 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN Pasrujambe 8 Lumajang? Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diterapkanlah model pembelajaran Talking stick untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan dan untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama dengan bimbingan dari guru dengan menumbuhkan kerjasama, berfikir kritis dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran (aktivitas siswa dapat mengalami peningkatan) disertai dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan aktivitas siswa selama pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN Pasrujambe 8 Lumajang. 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN Pasrujambe 8 Lumajang. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan menfaat bagi guru, siswa, sekolah dan peneliti. Penelitian ini dilakukan di SDN Pasrujambe 08 Lumajang kelas IV semester I ydengan jumlah siswa 25 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dengan menggunakan empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan menggunakan analisis data. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa cara yaitu melalui wawancara, observasi, tes dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Pasrujambe 08 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif dari 6 siswa (24%) pada siklus I menjadi 14 siswa (56%) pada siklus II. (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 25 siswa terdapat 16 siswa yang tuntas dengan persentase 64% dan pada siklus II dari 16 siswa yang tuntas meningkat menjadi 21 siswa dengan persentase 84%. Dari penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah, guru hendaknya membiasakan siswa belajar secara berkelompok agar siswa terbiasa untuk bekerja sama dengan siswa lain, siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10224
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3427]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository