Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorKurniasih, Fitria
dc.contributor.authorAyu Kusuma Ningrum, Friska
dc.date.accessioned2020-11-05T02:28:08Z
dc.date.available2020-11-05T02:28:08Z
dc.date.issued2020-04-24
dc.identifier.nim160210204025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101695
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar perlu diberikan dengan mengkreasikan model pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat memahami keterampilan berbahasa secara optimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa serta observasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa siswa masih kurang mampu dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk menuangkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan, sehingga siswa cenderung bingung tentang apa yang hendak ditulis dalam sebuah karangan khususnya puisi. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang tepat dan sesuai berdasarkan permasalahan yang ada, misalnya model pembelajaran kooperatif model Think Talk Write. Model pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang menghendaki terbentuknya belajar secara berkelompok dan dianggap lebih sesuai apabila digunakan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa. Model pembelajaran ini memiliki tiga tahap dalam penerapannya. Tahap pertama yaitu Think, siswa diminta untuk menemukan dan mencatat ide pokok dari sebuah poster yang diterima. Selanjutnya guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa, setelah pembagian kelompok dilanjutkan dengan proses diskusi (Talk), siswa mendiskusikan ide pokok yang telah dicatatnya pada tahap Think bersama kelompoknya. Tahap ketiga yaitu Write, pada tahap ini siswa secara individu menuliskan hasil diskusinya yang berupa ide pokok dari sebuah poster ke dalam bentuk karya sastra puisi. Oleh karena itu, model pembelajaran Think Talk Write diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pada keterampilan menulis karya sastra puisi siswa kelas IV SDN Yosorati 02 Jember.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectThink Talk Writeen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Melalui Media Poster Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV Sdn Yosorati 02 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasar
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record