• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Melalui Media Poster Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV Sdn Yosorati 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Friska Ayu Kusuma Ningrum - #.pdf (3.689Mb)
    Date
    2020-04-24
    Author
    Ayu Kusuma Ningrum, Friska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar perlu diberikan dengan mengkreasikan model pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat memahami keterampilan berbahasa secara optimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa serta observasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa siswa masih kurang mampu dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk menuangkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan, sehingga siswa cenderung bingung tentang apa yang hendak ditulis dalam sebuah karangan khususnya puisi. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang tepat dan sesuai berdasarkan permasalahan yang ada, misalnya model pembelajaran kooperatif model Think Talk Write. Model pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang menghendaki terbentuknya belajar secara berkelompok dan dianggap lebih sesuai apabila digunakan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa. Model pembelajaran ini memiliki tiga tahap dalam penerapannya. Tahap pertama yaitu Think, siswa diminta untuk menemukan dan mencatat ide pokok dari sebuah poster yang diterima. Selanjutnya guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa, setelah pembagian kelompok dilanjutkan dengan proses diskusi (Talk), siswa mendiskusikan ide pokok yang telah dicatatnya pada tahap Think bersama kelompoknya. Tahap ketiga yaitu Write, pada tahap ini siswa secara individu menuliskan hasil diskusinya yang berupa ide pokok dari sebuah poster ke dalam bentuk karya sastra puisi. Oleh karena itu, model pembelajaran Think Talk Write diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pada keterampilan menulis karya sastra puisi siswa kelas IV SDN Yosorati 02 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101695
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository