Perbedaan Pembelian Impulsif Ditinjau Dari Motivasi Belanja Hedonis Produk Fesyen Pakaian
Abstract
Berkembangnya peradaban dunia yang semakin modern dan dinamis,
turut mengubah perilaku masyarakat mengarah pada gaya hidup modern. Gaya
hidup modern mengubah perilaku individu untuk mencari hal-hal yang bersifat
menyenangkan, seperti mencari hal-hal terbaru yang sedang tren. Salah satu tren
yang kerap mengalami perubahan dinamis yaitu tren fesyen. Perilaku masyarakat
yang berusaha tampil ‘kekinian’ tidak lepas dari adanya dorongan yang muncul dari
dalam diri. Dorongan ini memotivasi seseorang untuk memenuhi keinginannya agar
selalu tampil fashionable yang dikenal dengan motivasi belanja hedonis. Dorongan
ini dapat muncul pada siapapun baik pria maupun wanita, meskipun beberapa teori
menyatakan bahwa kedua gender ini memiliki pemrosesan informasi dan
pengambilan keputusan berbeda. Apabila dorongan ini tidak dapat dikontrol dengan
baik, konsumen dapat semakin konsumtif. Perilaku ini dapat dijumpai pada saat
berbelanja di pusat perelanjaan yaitu melakukan pembelian secara spontan atau
impulsif. Salah satu pusat perbelanjaan di Jember yaitu Lippo Plaza Jember yang
menyediakan berbagai produk fesyen terutama pakaian dengan berbagai desain
yang berasal dari berbagai brand.