Proses Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Dasa Dharma Pramuka DI Sdn Mayang 01 Jember
Abstract
Penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa dapat dilakukan melalui
pendidikan nonformal seperti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Indikasi bahwa
kegiatan kepramukaan ini penting adalah karena dapat membentuk watak dan
kepribadian siswa yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Undang-undang
nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka menyatakan bahwa pendidikan
kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan nonformal yang memuat
pendidikan nilai-nilai moral gerakan pramuka dalam membentuk kepribadian
yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi
nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup. Proses penanaman
nilai-nilai karakter dapat diterapkan dalam kegiatan pramuka di mana dalam
setiap kegiatan pramuka bersumber dari dasa dharma.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu bagaimanakah proses penanaman nilai-nilai karakter melalui penerapan dasa
dharma pramuka di SDN Mayang 01 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji proses penanaman nilai-nilai karakter melalui penerapan dasa dharma
pramuka di SDN Mayang 01 Jember.