Pengaruh Kepercayaan, Viral Marketing dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Buku Litersi di Instagram (Pada Mahasiswa S1 Angkatan 2017 Universitas Jember)
Abstract
Dulu pemasaran hanya menggunakan media komunikasi satu arah –seperti koran,
radio dan televisi- tanpa adanya timbal baik dari konsumen. Sekarang, komunikasi vertikal
itu telah berganti menjadi komunikasi horizontal yang lebih mendekatkan perusahaan
dengan konsumennya. Salah satu pendukungnya adalah internet dan media sosial.
Wearesocial.com pada tahun 2018 mengeluarkan Global Digital Report. Laporan
menggambarkan populasi pengguna internet di dunia mencapai 4,021 juta, di Indonesia
sendiri pengguna internet mencapai 265,4 juta pada Januari 2018. Untuk sosial media
penggunanya mencapai 3.196 juta, sedangkan di Indonesia 130 juta pengguna media social
dalam rentan Januari 2017 sampai Januari 2018 (Wearesocial.com). Salah satu media sosial
yang sedang berkembang saat ini adalah Instagram, media sosial berbasis aplikasi untuk
membagikan foto atau video, penggunanya juga bisa menerapkan filter digital dan
menyebarkannya ke sosial media yang lain. Instagram, memiliki 800 juta akun aktif di
seluruh dunia, Indonesia memiliki 53 juta akun aktif di Instagaram