Variasi Rotasi Pada Chaos Game Dengan Memodifikasi Aturannya
Abstract
Inti dari konsep fraktal adalah adanya proses penyusunan ulang komponenkomponen yang identik, dimana memiliki kesamaan diri (self-similarity) dalam
jumlah yang besar. Salah satu contoh fraktal yaitu segitiga Sierpinski. Segitiga
Sierpinski dapat dibangkitkan dengan metode chaos game. Metode ini merupakan
sebuah bentuk permainan dalam menggambar titik pada segitiga yang mempunyai
aturan tertentu dan dilakukan berulang-ulang secara iteratif. Pada penelitian ini
akan memodifikasi aturan chaos game segitiga dengan penambahan rotasi dengan
titik pusat rotasi pada satu titik acuan, dua titik acuan, tiga titik acuan, empat titik
acuan, dan lima titik acuan. Sudut rotasi 𝜃 akan divariasikan menjadi 36 sudut yaitu
10°, 20°, … ,360°.
Adapun langkah-langkah yang digunakan untuk membangkitkan chaos game
segitiga dengan penambahan rotasi yaitu pertama menentukan tiga titik acuan yang
berbentuk segitiga. Kedua menentukan titik awal yang berada di dalam segitiga.
Ketiga memilih salah satu titik acuan secara random untuk dihubungkan dengan
titik awal. Keempat menentukan titik baru yang merupakan titik tengah segmen titik
baru dan titik acuan yang terpilih. Kelima titik baru dirotasi sebesar 𝜃 dengan titik
pusat rotasi di titik acuan yang telah terpilih. Keenam titik yang diperoleh pada
langkah kelima dijadikan sebagai titik awal. Ketujuh mengulang langkah ketiga
sampai keenam sehingga menghasilkan titik-titik baru dengan iterasi yang
diinginkan.