• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Dimensi Proses Kognitif Latihan Soal Pada Buku Siswa Kelas V Tema 2 Berdasarkan Taksonomi Bloom

    Thumbnail
    View/Open
    Clariza Zakiah Prisadena - 160210204051_.pdf (4.406Mb)
    Date
    2020
    Author
    PRISADENA, Clariza Zakiah P
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sumber belajar merupakan elemen penopang dalam kegiatan belajar mengajar. Terdiri dari berbagai bentuk, ada yang berbentuk cetak, non cetak dan lain sebagainya. Sumber belajar dapat berupa buku, subjek, objek dan lainnya yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu sumber belajar yang paling dominan penggunaannya adalah buku. Melalui buku teks, peserta didik diharapkan mampu belajar secara mandiri dengan menemukan sendiri, berpikir kreatif dan aktif, serta kritis dalam menanggapi permasalahan terkait materi pembelajaran. Pada penyajian buku teks akan sangat efisien apabila disesuaikan dengan kemampuan kognitif pembacanya. Oleh sebab itu, guru perlu menelaah atau menganalisis isi buku, baik materi maupun latihan soal didalamnya. Menurut hasil Indonesian National Assessment Program (INAP) Pusat Penilaian Pendidikan (2016) merekomendasikan supaya peserta didik dibiasakan pada beragam bentuk soal secara seimbang. Selain itu peserta didik juga dibiasakan dengan beragam bentuk domain kognitif secara proporsional agar peserta didik terbiasa berpikir dari tingkat rendah hingga tinggi. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V SDN Gumelar 02, guru belum pernah menganalisis latihan soal yang ada dalam buku siswa. Hal serupa juga diungkapkan oleh Rinawati dan Utami (2013) yang menyatakan bahwa mayoritas soal latihan dalam buku siswa bersifat prosedural dan belum memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan mengevaluasi, menganalisis maupun mencipta. Rumusan masalah pada penelitian aini adalah bagaimanakah persentase dimensi proses kognitif latihan soal pada buku siswa kelas V tema 2 Kurikulum 2013 Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dimensi proses kognitif latihan soal pada pada buku siswa kelas V tema 2 terpadu Kurikulum 2013 berdasarkan taksonomi Bloom. Dalam pendidikan terdapat tiga ranah yang dijadikan penilaian, yakni ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Ranah kognitif berkaitan dengan kemampuan berpikir. Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl meliputi enam kategori yakni mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Selanjutnya kemampuan berpikir taksonomi Bloom dibedakan menjadi kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTs) dan kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTs). Menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta merupakan ranah kognitif kategori HOTs. Sedangkan mengingat, memahami, dan menerapkan merupakan ranah kognitif kategori LOTs. HOTs memprioritaskan pada pembelajaran yang merangsang peserta didik untuk mempunyai logika knowing how dan memerlukan keterampilan belajar yang saling bertautan, sedangkan LOTs lebih mengarah pada knowing what. Hasil analisis tingkat kognitif latihan soal pada buku siswa kelas V tema 2 yang terdiri dari 155 latihan soal adalah 76,7% atau 119 soal merupakan soal tingkat rendah dan 23,3% atau 36 soal merupakan soal tingkat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa latihan soal belum dapat dikatakan baik karena dalam penyebarannya kurang merata antara kategori mudah, sedang, dan sulit. Jumlah tersebut kurang seimbang mengingat di kelas V seharusnya memiliki latihan soal dengan kategori berpikir tingkat tinggi yang lebih banyak daripada kategori berpikir tingkat rendah. Namun secara keseluruhan, latihan soal pada buku siswa kelas V tema 2 telah mencakup keenam jenjang kognitif dan telah mencakup pertanyaan dengan kategori mudah, sedang dan sulit. Bagi peneliti lain yang ingin melanjutkan penelitian menggunakan latihan soal hendaknya dapat ditambahkan indikator lain seperti dimensi pengetahuan yang memuat pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101492
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository