Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHMAWATI, Iis
dc.contributor.advisorKURNIAWATI, Dini
dc.contributor.authorMITASARI, Mitasari
dc.date.accessioned2020-10-31T11:10:34Z
dc.date.available2020-10-31T11:10:34Z
dc.date.issued2020-03-12
dc.identifier.nim162310101022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101429
dc.description.abstractMasa kanak-kanak akhir (later chilhood) atau masa anak sekolah merupakan masa usia 6 hingga 12 tahun yang terjadi pergantian dari masa awal kanak-kanak ke masa akhir kanak-kanak menuju masa prapubertas (Damayanti dkk., 2018; Nurlaili dkk., 2018). Anak yang berusia diatas 10 tahun banyak yang mengalami kekerasan seksual. Fenomena kekerasan seksual terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang pendidikan seksual pada anak. Pengetahuan seeorang dipegaruhi oleh informasi, media dan pendidikan. Informasi dapat diberikan salah satunya dengan pemberian pendidikan kesehatan. Pendidikan seksual membantu anak dalam pencegahan terhadap pelecehan seksual karena diajarkan mengenai jenis kelamin serta perannya, cara bertindak sebagai laki-laki maupun perempuan, cara pergaulan dengan lawan jenis, penjelasan terkait seks agar anak bisa mengetahui perilaku pelecehan seksual supaya anak terhindar dari pelecehan seksual (Zhang dkk., 2013). Pendidikan Seksual bisa dilakukan dengan metode tertentu agar kegiatan pembelajaran lebih menarik. Metode yang bisa dilakukan dalam penyampaian pendidikan seksual pada anak yaitu metode permainan. Metode ini berguna untuk peningkatan pengetahuan, mendidik serta melatih anak untuk melakukan kerjasama, dan memperkenalkan aturan yang telah ada supaya terbentuk kedisiplinan anak. Selain itu dapat juga membuat peningkatan intelektual maupun koordinasi anak dalam bergaul dengan teman sebayanya (Sara dkk., 2016). Metode ini menggunakan indera penglihatan maupun pendengaran untuk memperhatikan gambar, membaca maupun menjawab pertanyaan atau perintah dalam permainan supaya materi mudah dipahami dan diterima (Abduh dkk., 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan pengaruh pendidikan kesehatan metode permainan ular tangga terhadap pengetahuan pendidikan seksual pada siswa kelas VI di SD Muhammadiyah Jember. Desain penelitian menggunakan quasy eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi merupakan siswa kelas VI SD Muhammadiyah 1 Jember sejumlah 121 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan sample rondom sampling. Peneliti membagi 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian didapatkan responden terbanyak berjenis kelamin perempuan sejumlah 32 orang (53,3%) sedangkan laki-laki sejumlah 29 orang (46,7%) dan responden sejumlah 31 orang (51,7%) tidak mendapatkan informasi dari sumber lain tentang pendidikan seksual. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttet pada kelompok eksperimen maupun kontrol dengan nilai p<0,05 yaitu 0,001 dan 0,003. Hasil ini menunjukkan perbedaan nilai pada kelompok eksperimen lebih signifikan daripada kelompok kontrol. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan bahwa nilai posttest dan pretest antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan p<0.05 yaitu 0,001 sehingga menunjukkan ada perbedaan pengetahuan antara kelompok ekperimen dan kontrol atau ada pengaruh pendidikan kesehatan metode permainan ular tangga terhadap pengetahuan pendidikan seksual pada siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang bermakna pendidikan kesehatan metode permainan ular tangga terhadap pengetahuan pendidikan seksual pada siswa kelas VI di SD Muhammadiyah 1 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan metode permainan ular tangga dapat diberikan pada siswa untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pendidikan seksual sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Keperawatanen_US
dc.subjectPENDIDIKAN KESEHATANen_US
dc.subjectMETODE PERMAINAN ULAR TANGGAen_US
dc.subjectPENGETAHUAN PENDIDIKAN SEKSUALen_US
dc.titlePengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Permainan Ular Tangga terhadap Pengetahuan Pendidikan Seksual pada Siswa Kelas VI di SD Muhammadiyah 1 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record