PENERAPAN `METODE ACTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DALAM TEMA LINGKUNGAN KELAS 3 SEMESTER GANJIL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT DI SDN KALIBOTO KIDUL 05 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Metode Actual Learning merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran
IPS, yang membawa siswa belajar dengan suasana yang lebih nyaman dan
menyenangkan. Biasanya pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih berpusat
pada buku teks dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran
yang menggunakan metode ceramah dan penugasan dengan pembelajaran yang hanya
berpusat pada guru, siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru.
Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang berminat
mengikuti kegiatan pembelajaran dalam kelas. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya
hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III
yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Actual Learning dengan
menggunakan media benda konkrit.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan
metode actual learning mata pelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan
media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ?, 2) Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas 3 dengan metode actual learning
dengan menggunakan media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ?
Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan metode actual learning
dalam mata pembelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan media benda
konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang, 2)Untuk meningkatkan hasil belajar
IPS pada siswa kelas 3 dengan metode actual learning menggunakan media benda
konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama proses
pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan 2 siklus,
setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diambil di
kelas III SDN Kaliboto Kidul Lumajang dengan subjek terteliti siswa kelas III Tahun
Pelajaran 2011-2012 dengaan jumlah siswa 12 yang terdiri dari 6 siswa laki- laki dan
6 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode
observasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai kemampuan
siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui lembar observasi
yang telah ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap
materi Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah dengan tema lingkungan selama
proses pembelajaran pada prasiklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan.
Persentase ketuntasaan belajar pada prasiklus 33,33% menjadi 65,41% pada siklus I
dan pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan 83,33%. Berdasarkan
hasil wawancara dengan siswa bahwa mereka merasa senang dan suka dengan adanya
metode Actual Learning dengan media benda konkrit yang disediakan oleh guru.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperoleh peningkatan hasil belajar IPS
melalui penerapan metode Actual Learning pada siswa kelas III SDN Kaliboto Kidul
05 Lumajang dengan Tema Lingkungan Tahun Pelajaran 2011/2012. Beberapa saran
berkaitan dengan penggunaan metode pembelajaran Actual Learning yaitu, guru
harus dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media
pembelajaran untuk mengembangkan suasana pembelajaran yang kondusif dan
menyenangkan. Bagi peneliti lain, untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.