PENERAPAN `METODE ACTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DALAM TEMA LINGKUNGAN KELAS 3 SEMESTER GANJIL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT DI SDN KALIBOTO KIDUL 05 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Metode Actual Learning merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran 
IPS,   yang   membawa   siswa   belajar   dengan   suasana   yang   lebih   nyaman   dan 
menyenangkan.  Biasanya pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih berpusat 
pada buku teks dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran 
yang menggunakan metode ceramah dan penugasan dengan pembelajaran yang hanya 
berpusat   pada   guru,   siswa   hanya   duduk   mendengarkan   penjelasan   dari   guru. 
Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang berminat 
mengikuti kegiatan pembelajaran dalam kelas. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya 
hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III 
yaitu   dengan   menggunakan   metode   pembelajaran  Actual   Learning    dengan 
menggunakan media benda konkrit. 
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan 
metode actual learning mata pelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan 
media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ?,  2)  Bagaimanakah 
peningkatan hasil belajar  IPS pada siswa kelas 3 dengan metode  actual learning 
dengan menggunakan media benda konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang ? 
Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan metode  actual learning 
dalam mata pembelajaran IPS pada siswa kelas 3 dengan menggunakan media benda 
konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang, 2)Untuk meningkatkan hasil belajar 
IPS pada siswa kelas 3 dengan metode actual learning menggunakan media benda 
konkrit di SDN Kaliboto Kidul 05 Lumajang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama proses 
pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas 
(PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, 
setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diambil di 
kelas III SDN Kaliboto Kidul Lumajang dengan subjek terteliti siswa kelas III Tahun 
Pelajaran 2011-2012 dengaan jumlah siswa 12 yang terdiri dari 6 siswa laki- laki dan 
6   siswa   perempuan.   Metode   pengumpulan   data   yang   digunakan   yaitu   metode 
observasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai kemampuan 
siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui lembar observasi 
yang telah ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap 
materi Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah dengan tema lingkungan selama 
proses pembelajaran pada prasiklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan. 
Persentase ketuntasaan belajar pada prasiklus 33,33% menjadi 65,41%  pada siklus I 
dan pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan 83,33%. Berdasarkan 
hasil wawancara dengan siswa bahwa mereka merasa senang dan suka dengan adanya 
metode Actual Learning  dengan media benda konkrit yang disediakan oleh guru.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperoleh peningkatan hasil belajar IPS 
melalui penerapan metode Actual Learning pada siswa kelas III SDN Kaliboto Kidul 
05 Lumajang dengan Tema Lingkungan Tahun Pelajaran 2011/2012. Beberapa saran 
berkaitan dengan penggunaan metode pembelajaran   Actual Learning  yaitu, guru 
harus dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media 
pembelajaran   untuk mengembangkan suasana pembelajaran yang kondusif dan 
menyenangkan. Bagi peneliti lain, untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.
