dc.contributor.author | SAN LUCIA YOSEPHA BOKU | |
dc.date.accessioned | 2013-12-18T07:51:32Z | |
dc.date.available | 2013-12-18T07:51:32Z | |
dc.date.issued | 2013-12-18 | |
dc.identifier.nim | NIM070710101143 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10129 | |
dc.description.abstract | ini ditulis dengan latar
belakang bahwa banyaknya kasus yang merugikan konsumen khususnya
konsumen pengguna jasa Kilat Khusus PT. Pos Indonesia. Hal ini dibuktikan
dengan adanya keterlambatan, kehilangan, maupun kerusakan kiriman yang
menyebabkan konsumen dirugikan. Selain itu adanya perjanjian baku yang tidak
informatif dan tidak dapat ditawar-tawar lagi semakin membuat konsumen berada
di pihak yang lemah. Hal ini juga diperparah dengan kurangnya kesadaran
konsumen untuk menuntut hak-haknya yang dirugikan kepada PT. Pos Indonesia.
Oleh karena itu perlindungan hukum yang memadai kepada konsumen pengguna
jasa kilat khusus PT. Pos Indonesia ini sangat dibutuhkan.
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana tanggung
jawab PT. Pos Indonesia terhadap kerugian konsumen atas layanan jasa
pengiriman barang secara kilat khusus jika ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8
Tahun 1999 dan juga bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan oleh
konsumen jika mengalami kerugian atas pengiriman barang melalui kilat khusus
yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia.
Tujuan khusus penulisan skripsi ini adalah untuk memahami tanggung
jawab PT. Pos Indonesia terhadap kerugian konsumen dan untuk memberikan
solusi terkait upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen jika mengalami
kerugian atas pengiriman barang melalui kilat khusus yang dilakukan oleh PT.
Pos Indonesia.
Tipe penelitian adalah yuridis normatif yaitu suatu pendekatan
berdasarkan aturan-aturan hukum yang berlaku dan kenyataaan yang ada dalam
masyarakat mengenai sesuatu yang diteliti. Pendekatan masalah menggunakan
pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber bahan
xiv
hukumnya yaitu bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Analisis bahan hukum
digunakan metode deskriptif kualitatif serta disimpulkan dengan metode deduktif.
Pembahasan yang dibahas dalam skripsi ini adalah tanggung jawab PT.
Pos Indonesia terhadap kerugian konsumen pengguna jasa pengiriman barang
melalui kilat khusus adalah selain menjaga keamanan, kerahasiaan dan
keselamatan kiriman juga bertanggung jawab untuk mengganti kerugian. Upaya
hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen jika mengalami kerugian atas
layanan jasa pengiriman barang melalui kilat khusus yang dilakukan oleh PT. Pos
Indonesia adalah menyelesaikannya melalui BPSK atau melalui Pengadilan umum
setempat dan mekanisme pengajuan gugatannya sesuai dengan Pasal 118 HIR.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah tanggung jawab PT. Pos Indonesia
terhadap kerugian konsumen pengguna jasa pengiriman barang melalui kilat
khusus adalah tanggung jawab untuk mengganti kerugian dalam bentuk uang
senilai harga barang tersebut. Jika terjadi keterlambatan pengiriman barang, maka
ganti kerugiannya adalah maksimal 2 (dua) kali ongkos kirim. Jika dirugikan
akibat terjadi kerusakan terhadap barang yang dikirim maka ganti kerugiannya
adalah senilai kerusakan pada barang tersebut dan jika terjadi kehilangan terhadap
barang yang dikirim maka ganti kerugiannya adalah keseluruhan nilai barang
yang hilang tersebut.. Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen jika
mengalami kerugian menurut Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang
Perlindungan Konsumen adalah menyelesaikan sengketa konsumen diluar
pengadilan atau menyelesaikan sengketa konsumen melalui pengadilan.
Saran yang dapat disumbangkan adalah dengan adanya UUPK dan
penulisan skripsi ini diharapkan bagi pelaku usaha khususnya PT.Pos Indonesia
agar lebih meningkatkan pelayanannya kepada konsumen dan merubah ketentuan
klausul bakunya yang tidak sesuai agar sesuai dengan ketentuan undang-undang
yang mengaturnya. Selain itu, dengan adanya UUPK ini maka diharapkan
munculnya kesadaran dari konsumen untuk menuntut hak-haknya yang dirugikan
melalui upaya hukum yang telah disediakan dan diatur oleh undang-undang. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070710101143; | |
dc.subject | PERLINDUNGAN HUKUM, JASA KILAT KHUSUS PT. POS INDONESIA | en_US |
dc.title | PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PENGIRIMAN BARANG MELALUI JASA KILAT KHUSUS PT. POS INDONESIA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 | en_US |
dc.type | Other | en_US |