Pengaruh Rancangan Situs, Harga, Kepercayaan, Keamanan, Dan Pengalaman Terhadap Minat Pembeli Untuk Menggunakan Sistem E-Commerce
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rancangan situs, harga, kepercayaan, keamanan, dan pengalaman terhadap minat pembeli untuk menggunakan sistem e-comerse. Dimana variabel independen yaitu rancangan situs (X1), harga (X2), kepercayaan (X3), keamanan (X4), dan pengalaman (X5) mempengaruhi minat pembeli (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa S1 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, Kabupaten Jember, Angkatan 2015 – 2017 yang berjumlah 489 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 185 orang responden dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh mahasiswa. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan pendekatan Confirmatory.
Berdasarkan hasil penelitian dilakukan bahwa variabel rancangan situs berpengaruh secara positif sebesar 0,132 dan signifikan sebesar 0,039 terhadap minat pembeli yang berarti bahwa semakin tinggi rancangan situs akan menaikkan minat pembeli. Hasil pengujian koefisien harga berpengaruh secara positif sebesar 0,264 dan signifikan sebesar 0,000 terhadap minat pembeli. Hasil pengujian koefisien kepercayaan berpengaruh secara positif sebesar 0,169 dan signifikan sebesar 0,000 terhadap minat pembeli yang berarti bahwa semakin baik kepercayaan akan menaikkan minat pembeli. Hasil pengujian koefisien keamanan berpengaruh secara positif sebesar 0,065 dan tidak signifikan sebesar 0,028 terhadap minat pembeli yang berarti bahwa semakin baik keamanan tidak akan menaikkan minat pembeli. Hasil pengujian koefisien pengalaman berpengaruh secara positif sebesar 0,060 dan signifikan sebesar 0,044 terhadap minat pembeli.