Hubungan Antara Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember Tahun 2017 (Relation of Marketing Mix and Outpatient Loyalty at Kalisat Regional Hospital Jember District 2017)
Date
2018-03-02Author
HAYATI, Yuliasfa Sirrul
SANDRA, Christyana
HERAWATI, Yennike Tri
Metadata
Show full item recordAbstract
Bauran pemasaran rumah sakit adalah sekelompok variabel yang dapat dikendalikan,
yang dapat digunakan oleh rumah sakit untuk mempengaruhi reaksi para pembeli
pelayanan. Bauran pemasaran yang terdiri dari 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi,
Proses, Orang, dan Bukti Fisik) dapat mempengaruhi loyalitas pasien. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis hubungan antara bauran pemasaran dengan loyalitas
pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik dengan desain cross sectional.
Sampel penelitian berjumlah 90 responden, dimana pengambilan sampel menggunakan
teknik systematic random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar
responden menilai bauran produk (82%), bauran harga (81%), bauran tempat (72%),
bauran proses (79%), bauran orang (84%), dan bauran bukti fisik (82%) tergolong baik.
Namun, sebagian besar responden menilai bauran promosi (92%) tergolong kurang baik.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang significan antara bauran tempat dan bauran bukti fisik dengan loyalitas pasien, dan ada hubungan
yang significan antara bauran produk, bauran harga, bauran promosi, dan bauran proses
dengan loyalitas pasien. Untuk meningkatkan loyalitas pasien dapat meningkatkan atau
mempertahankan bauran produk, bauran harga, bauran promosi, bauran proses, dan
bauran orang.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]