Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Jember
Abstract
Program Pembelajaran Individual (PPI) dipersiapkan untuk anak
yang tidak dapat mengikuti kuriukulum umum dan modifikasi. Indikator
pencapaian hasil belajar program pembelajaran Individual dirumuskan
berdasarkan hasil assesmen yang dilakukan oleh guru dan tim ahli terkait.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan program pembelajaran Individual
yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode pengembangan (research and development) model Plomp yang terdiri
dari fase yakni penelitian awal, tahap pengembangan dan tahap penilaian.
Hasil penelitian yang diperoleh (1) pengembangan program pembelajaran
Individual (PPI) bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif jember
pada penelitian ini dikategorikan valid berdasarkan penilaian dari validator,
(2) pengembangan instrumen asesmen kesiapan belajar program
pembelajaran Individual (PPI) bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah
inklusif jember pada penelitian ini dikategorikan praktis berdasarkan hasil
observasi aktivitas guru dan saran dari praktisi, dan (3) penelitian ini
dikategorikan efektif berdasarkan hasil observasi kemampuan, hasil
observasi aktivitas dan hasil respon anak.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]