Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Mengenalkan Budaya Osing di PAUD
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan sebuah produk alat permainan edukatif berupa Pop Up Book
bertema budaya lokal Osing yang teruji kelayakannya secara teoritik oleh ahli serta kepraktisan dan
keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp
yang terdiri dari 3 fase yaitu: (1) preliminary research (penelitian awal), (2) prototyping phase (tahap
pengembangan), dan (3) assessment phase (tahap penilaian). Jenis data dalam penelitian ini adalah data
kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian dikelompokkan sesuai dengan tiga aspek yang akan dinilai yaitu
data kevalidan, data kepraktisan, dan data keefektifan produk. Berdasarkan hasil uji coba yang telah
dilakukan terhadap 40 orang anak usia 5-6 tahun di TK Kabupaten Banyuwangi, maka ditunjukkan bahwa
produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alat permainan edukatif. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan pengembangan produk Pop Up Book sudah teruji validitas, kepraktisan dan
efektivitasnya. Adapun saran yang diperoleh adalah dapat mengembangkan Pop Up Book dengan tema
yang lebih beragam.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7300]