Penerapan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Meningkatkan Kecerdasan Jamak pada Anak Kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak kelompok B di TK
Kartika IX-35 Patrang, Jember dengan menggunakan media MOTIF (monopoli edukatif) dan untuk
mendeskripsikan respon guru terhadap penerapan media MOTIF. Penggunaan media pembelajaran berupa
media MOTIF (monooli edukatif) yang ditujukan untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak
kelompok B. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B dengan jumlah 19 anak yang terdiri dari 10
anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitiannya yaitu media MOTIF (monopoli edukatif),
kecerdasan jamak anak, dan respon guru terhadap pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan yaitu
analisis statistik deskriptif. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan media MOTIF
(monopoli edukatif) dapat meningkatkan kecerdasan jamak anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang,
Jember. Adanya peningkatan kecerdasan jamak anak dari siklus I ke siklus II sebesar 21,05%. (2) Respon
guru kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember terhadap pembelajaran menggunakan media MOTIF
(monopoli edukatif) sangat positif. Anak kelompok B menyatakan senang mengikuti pembelajaran yang
diberikan oleh guru.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7326]