PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY LESSON DISERTAI MEDIA BENDA KONKRIT POKOK BAHASAN BENDA PADAT, CAIR, DAN GAS PADA SISWA KELAS IV SDN TEGALWANGI 05 UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Salah  satu  upaya  yang  dapat  dilakukan  untuk  mengoptimalkan  peran  siswa 
dalam  pembelajaran  adalah  melalui  metode  pembelajaran  yang  melibatkan  aktivitas 
siswa. Berdasarkan hasil observasi  yang dilakukan di SDN Tegalwangi 05 diketahui 
bahwa  aktivitas  siswa  dan  hasil  belajar  siswa  masih  dalam  taraf  rendah,  hal  ini 
dikarenakan: (1) pembelajaran masih bersifat klasikal dan konvensional (ceramah dan 
tanya  jawab);  (2)  penggunaan  metode  pembelajaran  yang  kurang  efektif;  dan  (3) 
penggunaan  media  pembelajaran  yang  kurang  efektif.  Metode  Discovery  Lesson 
adalah metode mengajar dimana siswa melakukan  penemuan dengan konsep-konsep 
atau  prinsip-prisip  untuk  memecahkan  permasalahan  yang  ada.    Dalam  penemuan 
peranan  guru  sangatlah  penting,  oleh  karena  itu  guru  harus  membantu  dan 
memberikan arahan untuk memperoleh kemudahan bagi siswa dalam menyampaikan 
ide,  konsep,  dan  ketrampilan  yang  sudah  dipelajari  untuk  menemukan  pengetahuan 
yang  baru.  Penerapan  metode  ini  dalam  pembelajaran  disertai  dengan  media  benda 
konkrit,  karena  dengan  disertai  benda  nyata  siswa  akan  lebih  mudah  dalam 
melakukan  penemuan.  Rumusan  masalah  penelitian  ini  adalah:  (1)  bagaimanakah 
penerapan metode Discovery Lesson disertai media benda konkrit dapat meningkatan 
aktivitas  belajar  siswa  kelas  IV  SDN  Tegalwangi  05  mata  pelajaran  IPA  pokok 
bahasan benda padat, cair, dan gas?; (2) bagaimanakah penerapan metode Discovery 
Lesson  disertai  media  benda  konkrit  dapat  meningkatan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV 
SDN  Tegalwangi  05  mata  pelajaran  IPA  pokok  bahasan  benda  padat,  cair,  dan  gas? 
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  untuk  meningkatan  aktivitas  siswa  kelas  IV dalam  pembelajaran  IPA  melalui  metode  Discovery  Lesson  disertai  media  benda 
konkrit  pokok  bahasan  benda  padat,  cair  dan  gas  di  SDN  Tegalwangi  05 
Kec.Umbulsari  kab.  Jember;  (2)  untuk  meningkatan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV 
dalam  pembelajaran  IPA  melaui  metode  Discovery  Lesson  disertai  media  benda 
konkrit  pokok  bahasan  benda  padat,  cair  dan  gas  di  SDN  Tegalwangi  05  Kec. 
Umbulsari kab. Jember. 
Penelitian ini dilakukan di SDN Tegalwangi 05 Umbulsari Jember. Penelitian 
dilakukan di kelas IV dengan jumlah siswa 24 siswa. Untuk memperoleh data dalam 
penelitian  ini  digunakan  metode  observasi,  dokumentasi,  wawancara,  dan  tes.  Hasil 
penelitian  yang  diperoleh  adalah:  (1)  aktivitas  siswa  mengalami  peningkatan  dari 
siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 peningkatan aktivitas siswa sebesar 62% dan dalam 
kategori cukup aktif dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20% sehingga 
menjadi  82%  sehingga  dapat  dikategorikan  sangat  aktif.  (2)  hasil  belajar  siswa 
mengalami  peningkatan  dari  siklus  1  ke  siklus  2  yaitu  pada  siklus  1  persentase 
ketuntasan  sebesar  67%  sehingga  ketuntasan  klasikal  masih  belum  tercapai.  Pada 
siklus  2  persentase  ketuntasan  sebesar  79%  dan  dapat  dikatakan  tuntas  secara 
klasikal.  
Kesimpulan  yang  diperoleh  dari  hasil  penelitian  ini  adalah  terjadinya 
peningkatan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  mata  pelajaran  IPA  di  kelas  IV  SDN 
Tegalwangi 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran dari peneliti melalui metode 
ini  siswa  diharapkan  dapat  lebih  aktif  dalam  kegiatan  pembelajaran,  sebagai  bahan 
masukan  untuk  guru  dalam  melaksanakan  pembelajaran  khususnya  dalam 
menggunakan  metode  yang  lebih  bervariasi   sehingga  pembelajaran  dapat  optimal 
dan aktivitas siswa dan hasil belajar dapat meningkat.
