• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY LESSON DISERTAI MEDIA BENDA KONKRIT POKOK BAHASAN BENDA PADAT, CAIR, DAN GAS PADA SISWA KELAS IV SDN TEGALWANGI 05 UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Defi Diah Novita_001.pdf (229.5Kb)
    Date
    2013-09-11
    Author
    Defi Diah Novita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran siswa dalam pembelajaran adalah melalui metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Tegalwangi 05 diketahui bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa masih dalam taraf rendah, hal ini dikarenakan: (1) pembelajaran masih bersifat klasikal dan konvensional (ceramah dan tanya jawab); (2) penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif; dan (3) penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif. Metode Discovery Lesson adalah metode mengajar dimana siswa melakukan penemuan dengan konsep-konsep atau prinsip-prisip untuk memecahkan permasalahan yang ada. Dalam penemuan peranan guru sangatlah penting, oleh karena itu guru harus membantu dan memberikan arahan untuk memperoleh kemudahan bagi siswa dalam menyampaikan ide, konsep, dan ketrampilan yang sudah dipelajari untuk menemukan pengetahuan yang baru. Penerapan metode ini dalam pembelajaran disertai dengan media benda konkrit, karena dengan disertai benda nyata siswa akan lebih mudah dalam melakukan penemuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode Discovery Lesson disertai media benda konkrit dapat meningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Tegalwangi 05 mata pelajaran IPA pokok bahasan benda padat, cair, dan gas?; (2) bagaimanakah penerapan metode Discovery Lesson disertai media benda konkrit dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegalwangi 05 mata pelajaran IPA pokok bahasan benda padat, cair, dan gas? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melalui metode Discovery Lesson disertai media benda konkrit pokok bahasan benda padat, cair dan gas di SDN Tegalwangi 05 Kec.Umbulsari kab. Jember; (2) untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA melaui metode Discovery Lesson disertai media benda konkrit pokok bahasan benda padat, cair dan gas di SDN Tegalwangi 05 Kec. Umbulsari kab. Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Tegalwangi 05 Umbulsari Jember. Penelitian dilakukan di kelas IV dengan jumlah siswa 24 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 peningkatan aktivitas siswa sebesar 62% dan dalam kategori cukup aktif dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20% sehingga menjadi 82% sehingga dapat dikategorikan sangat aktif. (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada siklus 1 persentase ketuntasan sebesar 67% sehingga ketuntasan klasikal masih belum tercapai. Pada siklus 2 persentase ketuntasan sebesar 79% dan dapat dikatakan tuntas secara klasikal. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Tegalwangi 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran dari peneliti melalui metode ini siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebagai bahan masukan untuk guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya dalam menggunakan metode yang lebih bervariasi sehingga pembelajaran dapat optimal dan aktivitas siswa dan hasil belajar dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1008
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository