• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SEMESTER GENAP SDN WONOREJO 02 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Barkhahtiah Nia Hapsari_001.pdf (83.14Kb)
    Date
    2013-09-11
    Author
    Barkhahtiah Nia Hapsari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di SDN Wonorejo 02 Probolinggo kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut dikarenakan guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi dan kurang bergairah ketika dihadapkan dengan pembelajaran IPS. Penggunaan media yang sangat minim juga menyebabkan ketidakberhasilan dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Wonorejo 02 Probolinggo, sehingga pembelajaran IPS itu tidak menarik bagi siswa. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Berdasarkan masalah di atas, maka penelitian ini menggunakan media gambar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V semester genap SDN Wonorejo 02 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V semester genap SDN Wonorejo 02 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Wonorejo 02 Probolinggo yang terdiri dari 17 siswa. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai hari Senin, 23 Mei 2011 sampai dengan 21 Juni 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Wonorejo 02 Probolinggo. Data yang dikumpulkan berupa penilaian motivasi dan tes individu siswa. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa sebesar 49,02% dalam kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II sebesar 65,20% dalam kategori baik. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,41% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 47,06%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 73,24%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,24% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Wonorejo 02 Probolinggo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peningkatan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,18%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 8,83% dan ketuntasannya sebesar 41,18%. Oleh karena itu penelitian di SDN Wonorejo 02 Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo tuntas. Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan media gambar, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1007
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository