Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Research Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Metakognisi Mahasiswa Memecahkan Masalah H-Irregularity Pada Graf Khusus
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat
mengembangkan potensi dirinya secara aktif dan memiliki pengendalian diri,
kecerdasaan, keterampilan dalam bermasyarakat, kekuatan spiritual keagamaan,
kepribadian serta akhlak mulia. Pendidikan tidak lepas dari pendidik dan peserta
didik. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan adalah pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
berbeda dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Dalam arti bahwa
keduanya mempunyai pendekatan berbeda dalam isi, instruksional, lingkungan
kelas, penilaian dan teknologi. Penelitian ini membahas pengembangan perangkat
pembelajaran dengan menggunakan model research based learning untuk
menganalisis keterampilan metakognisi mahasiswa pada materi H-Irregularity.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pretes dan posttes dari kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini termasuk penelitian
pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang sudah dimodifikasi yaitu
tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap
penyebaran.