Show simple item record

dc.contributor.advisorBEKTIARSO, Singgih
dc.contributor.advisorMARYANNI
dc.contributor.authorFEBRIANTI, Ridha Ayu
dc.date.accessioned2020-08-25T06:17:47Z
dc.date.available2020-08-25T06:17:47Z
dc.date.issued2020-02-04
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100658
dc.description.abstractKeterampilan berpikir kritis dan kemampuan untuk memecahkan masalah merupakan dua hal yang dibutuhkan oleh setiap orang di dalam kehidupan. Khususnya pada saat membuat suatu keputusan. Berpikir kritis perlu dikembangkan dalam diri siswa agar mampu dan terbiasa menghadapi berbagai permasalahan yang ada disekitarnya, (Husnidar, et al. 2014). Keterampilan berpikir merupakan keterampilan yang penting dari segala ilmu pengetahuan. Siswa dengan keterampilan berpikir tinggi tidak hanya dapat menguasai isi dari setiap materi pelajaran yang dipelajari, namun siswa juga dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran untuk mengembagkan cara berpikir aktif dengan menganalisis, meyelidiki, dan mencoba memecahkan masalah yang dihadapi secara mandiri. Berdasarkan masalah tersebut, maka diberikan alternatif solusi yaitu pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Discovery learning disertai Alat Peraga. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pokok bahasan gerak lurus. (2) Untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Glenmore pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga dan kelas kontrol adalah kelas X MIPA 3 dengan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru disekolah. Data yang akan diambil adalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Data tersebut diperoleh dari hasil post-test keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil uji independent sample t-test terhadap keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,029. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau atau rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan antara rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas kontrol. Dengan begitu model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen. Dan hasil uji independent sample t-test terhadap hasil belajar kognitif diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,007. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Dengan begitu model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan: (1) Pembelajaran menggunakan model Discovery Learning disertai alat peraga berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak lurus kelas X SMA Negeri 1 Glenmore. (2) Pembelajaran menggunakan model Discovery Learning disertai alat peraga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi gerak lurus kelas X SMA Negeri 1 Glenmore.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160210102071;
dc.subjectmodel pembelajaran discovery learningen_US
dc.subjectalat peragaen_US
dc.subjectdiscovery learningen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Alat Peraga Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Negeri 1 Glenmoreen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi160210102071


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record