• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Alat Peraga Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Negeri 1 Glenmore

    Thumbnail
    View/Open
    Ridha Ayu Febrianti - 160210102071.pdf-.pdf (7.335Mb)
    Date
    2020-02-04
    Author
    FEBRIANTI, Ridha Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berpikir kritis dan kemampuan untuk memecahkan masalah merupakan dua hal yang dibutuhkan oleh setiap orang di dalam kehidupan. Khususnya pada saat membuat suatu keputusan. Berpikir kritis perlu dikembangkan dalam diri siswa agar mampu dan terbiasa menghadapi berbagai permasalahan yang ada disekitarnya, (Husnidar, et al. 2014). Keterampilan berpikir merupakan keterampilan yang penting dari segala ilmu pengetahuan. Siswa dengan keterampilan berpikir tinggi tidak hanya dapat menguasai isi dari setiap materi pelajaran yang dipelajari, namun siswa juga dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran untuk mengembagkan cara berpikir aktif dengan menganalisis, meyelidiki, dan mencoba memecahkan masalah yang dihadapi secara mandiri. Berdasarkan masalah tersebut, maka diberikan alternatif solusi yaitu pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Discovery learning disertai Alat Peraga. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pokok bahasan gerak lurus. (2) Untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Glenmore pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga dan kelas kontrol adalah kelas X MIPA 3 dengan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru disekolah. Data yang akan diambil adalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Data tersebut diperoleh dari hasil post-test keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil uji independent sample t-test terhadap keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,029. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau atau rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan antara rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas kontrol. Dengan begitu model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen. Dan hasil uji independent sample t-test terhadap hasil belajar kognitif diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,007. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Dengan begitu model pembelajaran discovery learning disertai alat peraga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan: (1) Pembelajaran menggunakan model Discovery Learning disertai alat peraga berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak lurus kelas X SMA Negeri 1 Glenmore. (2) Pembelajaran menggunakan model Discovery Learning disertai alat peraga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi gerak lurus kelas X SMA Negeri 1 Glenmore.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100658
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository