Analisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi Grab di Wilayah Kabupaten Jember Jember Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)
Abstract
Grab merupakan platform mobile online to offline (O2O) terkemuka di asia
tenggara, menyediakan layanan sehari-hari yang paling dibutuhkan bagi pelanggan.
Grab menyediakan akses ke transportasi yang aman dan terjangkau, pemesanan
makanan, dan pengiriman paket, mobile payment, dan layanan keuangan yang
bermarkas di Singapura.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh faktor apa saja yang
mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Grab wilayah Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan adalah End User Computing Satisfaction (EUCS).
Variabel yang digunakan dalam metode EUCS ada 6 yaitu 5 variabel bebas dan 1
variabel terikat. Variabel bebas pada EUCS terdiri dari Content, Accuracy, Format,
Ease of Use, Timeliness dan variabel terikatnya adalah kepuasan pengguna.
Diharapkan dengan metode ini dapat mengetahui faktor apa saja yang
mempengaruhi kepuasan dari pengguna aplikasi Grab.
Penelitian ini melibatkan 349 responden yaitu pengguna aplikasi Grab di
wilayah Kabupaten Jember. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan tools
SPSS. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa fakor konten informasi
aplikasi Grab, keakuratan informasi yang dihasilkan aplikasi Grab, kemudahan
penggunaan aplikasi Grab, dan ketepatan waktu penyajian informasi aplikasi Grab
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna Grab di wilayah
Kabupaten Jember