Etnomatematika Pada Pembuatan Peralatan Dapur DI Kalibaru Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa
Abstract
Budaya merupakan kesatuan yang utuh dan menyeluruh yang terdapat pada
masyarakat, sedangkan pendidikan adalah kebutuhan pokok dari setiap individu
dalam masyarakat. Satah satu objek dalam pendidikan adalah matematika.
Hubungan antara budaya dan matematika dikenal dengan istilah etnomatematika.
Tujuan dari adanya etnomatematika adalah untuk mengakui terdapat cara-cara
berbeda dalam melakukan kegiatan matematika, keterkaitan antara budaya dan
matematika bisa lebih dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan etnomatematika pada pembuatan peralatan dapur di Kalibaru
Banyuwangi dan membuat produk berupa paket soal tes berkenaan dengan
etnomatematika pada pembuatan peralatan dapur di Kalibaru Banyuwangi.
Penelitian ini dilakukan di Kalibaru Banyuwangi terhadap masyarakat yang
bekerja sebagai pengrajin peralatan dapur. Berdasarkan hasil penelitian, didapat
beberapa etnomatematika pada aktivitas yang dilakukan dalam pembuatan
dandang. Aktivitas-aktivitas itu meliputi aktivitas menghitung, mengukur, dan
mendesain. Etnomatematika pada aktivitas menghitung muncul saat pengrajin
menentukan panjang dan lebar persegi panjang untuk badan dandang, menentukan
ketinggian dari letak saringan dandang, menentukan ukuran lebar jangka untuk alas
dan tutup dandang, pembuatan jaring-jaring untuk tutup dandang, menentukan
volume bagian dari dandang, menentukan upah, dan pembuatan dandang dengan
diameter tertentu. Etnomatematika pada aktivitas mengukur muncul saat pengrajin
mengukur letak ketinggian dari saringan, mengukur panjang dan lebar persegi
panjang untuk badan dandang berdasarkan kapasitas dandang, mengukur jari-jari
dari alas dan tutup dandang, dan mengukur panjang kawat yang digunakan sebagai
penguat pada saringan. Etnomatematika pada aktivitas mendesain muncul saat
pengrajin mendesain sebuah penggaris yang digunakan untuk menentukan panjang dan lebar untuk badan dandang, mendesain lubang pada saringan dandang, dan
mendesain jaring-jaring yang digunakan untuk tutup dandang dan pada aktivitas
mendesain muncul konsep matematika tentang bangun datar dan bangun ruang.
Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa paket soal tes. Paket soal tes
yang dihasilkan berbentuk pilihan ganda dengan materi yang diangakat pokok
bahasan bangun rungan sisi lengkung. Soal dan pembahasan yang dibuat
merupakan aplikasi atau penerapan dari etnomatematika pada pembuatan peralatan
dapur dalam membuat dandang. Aktivitas yang diterapkan pada paket soal tes
berfokus pada penentuan berapa banyak bahan yang digunakan dalam pembuatan
badan dan tutup dandang, penentuan tinggi saringan, penentuan tinggi tutup,
penentuan tinggi badang dandang, dan pembuatan dandang dengan ukuran tertentu