Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.authorJEHPO, Minas
dc.date.accessioned2020-08-13T01:51:14Z
dc.date.available2020-08-13T01:51:14Z
dc.date.issued2019-09-05
dc.identifier.nim150210204155
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100495
dc.description.abstractAnalisis dilakukan pada buku teks matematika kurikulum 2013 menggunakan konsep teori pembelajaran Bruner sebagai acuannya. Teori Bruner mengutamakan pandangannya tentang perkembangan kognitif manusia, bagaimana proses manusia belajar atau proses memperoleh pengetahuan, menyimpan pengetahuan dan mentransformasi pengetahuan. Bruner memandang bahwa hasil belajar dapat optimal ketika dilaksanakan dengan pembelajaran bermakna yang melibatkan siswa aktif mengkonstruksi pengetahuan. Ada 3 model tahap pembelajaran yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik dan 4 dalil pembelajaran matematika menurut Bruner yaitu, dalil konstruksi, notasi, kekontrasan dan variasi, dan dalil konektivitas yang digunakan sebagai pedoman dalam menganalisis materi geometri. Subjek penelitian adalah buku teks matematika kelas 4 SD dengan judul “Matematika untuk SD/MI Kelas IV” dengan penulis Gunanto, yang diterbitkan oleh PT Gelora Aksara Pratama. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, dan lembar observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen validasi, dan instrumen analisis kesesuaian materi geometri. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis isi (content analaysis). Data yang dianalisis adalah materi geometri pada buku teks matematika. Berdasarkan hasil validasi lembar analisis pembelajaran materi geometri berdasarkan teori Bruner diperoleh nilai rata-rata total Va = 4,9 yang termasuk dalam kategori sangat valid, sehingga instumen analisis tersebut dapat digunakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran yang telah diberikan validator. Instrumen terdiri dari dua bagian yaitu, lembar analisis tiga tahap pembelajaran Bruner yang digunakan untuk mengidentifikasi tahap yang digunakan dalam materi dan lembar analisis empat dalil pembelajaran matematikan menurut Bruner yang digunakan untuk menentukan kesesuaian materi geometri. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan dapat diambil kesimpulan bahwa persentase kesesuaian materi geometri pada buku teks matematika kelas IV berdasarkan dalil pembelajaran matematika menurut Bruner sebagai berikut: Bab bangun segi banyak memiliki persentase kesesuaian sebesar 56% yang berarti termasuk dalam kategori cukup sesuai .Hasil analisis untuk tiga tahap pembelajaran Bruner menyatakan bahwa bab bangun segi banyak menerapkan tahap enaktif sebesar 60%, tahap ikonik diterapkan sebesar 60%, dan tahap simbolik diterapkan sebesar 40%. Penerapan tiga tahap pembelajaran dalam materi tergantung pada muatan materi yang disajikan dan usia atau tahap perkembangan kognitif siswa.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.subjectGeometrien_US
dc.subjectTeori Bruneren_US
dc.titleAnalisis Materi Geometri Berdasarkan Teori Bruner Pada Buku Teks Matematika Kelas 4 SDen_US
dc.identifier.prodiPGSD
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record