Analisis Materi Geometri Berdasarkan Teori Bruner Pada Buku Teks Matematika Kelas 4 SD
Abstract
Analisis dilakukan pada buku teks matematika kurikulum 2013
menggunakan konsep teori pembelajaran Bruner sebagai acuannya. Teori Bruner
mengutamakan pandangannya tentang perkembangan kognitif manusia,
bagaimana proses manusia belajar atau proses memperoleh pengetahuan,
menyimpan pengetahuan dan mentransformasi pengetahuan. Bruner memandang
bahwa hasil belajar dapat optimal ketika dilaksanakan dengan pembelajaran
bermakna yang melibatkan siswa aktif mengkonstruksi pengetahuan. Ada 3 model
tahap pembelajaran yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik dan 4 dalil
pembelajaran matematika menurut Bruner yaitu, dalil konstruksi, notasi,
kekontrasan dan variasi, dan dalil konektivitas yang digunakan sebagai pedoman
dalam menganalisis materi geometri. Subjek penelitian adalah buku teks
matematika kelas 4 SD dengan judul “Matematika untuk SD/MI Kelas IV”
dengan penulis Gunanto, yang diterbitkan oleh PT Gelora Aksara Pratama.
Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, dan lembar
observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen validasi, dan
instrumen analisis kesesuaian materi geometri. Analisis data pada penelitian ini
adalah analisis isi (content analaysis). Data yang dianalisis adalah materi geometri
pada buku teks matematika.
Berdasarkan hasil validasi lembar analisis pembelajaran materi geometri
berdasarkan teori Bruner diperoleh nilai rata-rata total Va = 4,9 yang termasuk
dalam kategori sangat valid, sehingga instumen analisis tersebut dapat digunakan
dengan beberapa revisi sesuai dengan saran yang telah diberikan validator.
Instrumen terdiri dari dua bagian yaitu, lembar analisis tiga tahap pembelajaran
Bruner yang digunakan untuk mengidentifikasi tahap yang digunakan dalam
materi dan lembar analisis empat dalil pembelajaran matematikan menurut Bruner
yang digunakan untuk menentukan kesesuaian materi geometri.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan dapat
diambil kesimpulan bahwa persentase kesesuaian materi geometri pada buku teks
matematika kelas IV berdasarkan dalil pembelajaran matematika menurut Bruner
sebagai berikut: Bab bangun segi banyak memiliki persentase kesesuaian sebesar
56% yang berarti termasuk dalam kategori cukup sesuai .Hasil analisis untuk tiga
tahap pembelajaran Bruner menyatakan bahwa bab bangun segi banyak
menerapkan tahap enaktif sebesar 60%, tahap ikonik diterapkan sebesar 60%, dan
tahap simbolik diterapkan sebesar 40%. Penerapan tiga tahap pembelajaran dalam
materi tergantung pada muatan materi yang disajikan dan usia atau tahap
perkembangan kognitif siswa.