Show simple item record

dc.contributor.authorNety Suryandari
dc.date.accessioned2013-12-18T07:01:07Z
dc.date.available2013-12-18T07:01:07Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM070210201068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10036
dc.description.abstractMetode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin menghubungkan antara motivasi dengan disiplin belajar peserta didik kejar paket C di SKB Situbondo tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah responden 23 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari angket sedangkan untuk data sekundernya diperoleh dari observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang dengan alasan jumlah responden kurang dari 30 orang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Hipotesis Kerja ( Ha ) “ Ada hubungan antara motivasi dengan disiplin belajar peserta didik kejar paket C di SKB Situbondo Tahun pelajaran 2010/2011”, dan Hipotesis Nol ( Ho) “ tidak ada hubungan antara motivasi dengan disiplin belajar peserta didik kejar paket C di SKB Situbondo tahun pelajaran 2010/2011”. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik mempergunakan rumus korelasi tata jenjang nilai r hitung sebesar 0,829. Nilai ini lebih besar daripada r tabelnya. Untuk N=23 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,409 diketahui bahwa ada hubungan antara motivasi dengan disiplin belajar kejar paket C di SKB Situbondo tahun pelajaran 2010/2011 atau Hipotesis kerja ( Ha ) diterima dan Hipotesis nol ( Ho ) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peserta didik yang memiliki motivasi sedang. Untuk meningkatkan motivasi peserta didik baik secara intrinsik maupun ekstrinsik maka diperlukan peranan orang tua yaitu dengan memberikan perhatian dan selalu memberikan semangat serta dorongan kepada anakanaknya agar mereka memiliki rasa percaya diri baik di SKB maupun dirumah. Hasil penelitian pada variabel disiplin menunjukkan bahwa masih ada peserta didik yang memiliki perilaku disiplin dalam kategori sedang. Dalam hal ini peranan orangtua dan pamong belajar juga harus ditunjukkan pada penegakan kedisiplinan anak dalam pembelajaran baik dirumah maupun di SKB.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201068;
dc.subjectMotivasi, Disiplin Belajar, Disiplin Belajaren_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C DI SKB SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record