Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.advisorSaputri, Senny Weyara Dienda
dc.contributor.authorFadhilah, Fiky Wafirotul
dc.date.accessioned2020-07-27T12:04:14Z
dc.date.available2020-07-27T12:04:14Z
dc.date.issued2019-04-10
dc.identifier.nim150210205035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100076
dc.description.abstractPendidikan merupakan segala pengalaman dalam berbagai lingkungan yang berpengaruh posistif bagi perkembangan individu yang berlangsung sepanjang hayat (Masitoh, 2011:1.3). Proses pendidikan pertama kali dilakukan di dalam sebuah keluarga dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, keluarga sangat berpengaruh dalam proses pendidikan. Keluarga merupakan orang yang pertama kali ditemui anak setelah lahir di dunia, maka dari itu keluarga merupakan tempat pertama kali seorang anak memperoleh pendidikan, dan menjadi tempat memulai interaksi dan mendapat pendidikan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah ― Bagaimanakah hubungan pola asuh orangtua dengan perilaku moral anak kelompok B1 TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember‖. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan perilaku moral anak kelompok B1 TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 di TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember yang berjumlah 25 anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Item dalam instrumen pengukuran diuji menggunakan bantuan program SPSS, adapun teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis korelasi Spearman Rho. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil perhitungan rho pada hasil analisis di atas bernilai 0,141, dengan hasil signifikan P> 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan perilaku moral anak di TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Hal ini diperoleh karena sebagian responden menggunakan pola asuh demokratis, peran sekolah dalam penanganan moral agama dan dalam kondisi keluarga yang lebih berdampak pada perilaku moral anak. Saran untuk orangtua: (1) apapun pola asuh yang diterapkan oleh orangtua, tidak akan mempengaruhi perilaku moral anak, jadi diharapkan memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi perilaku moral anak-anaknya seperti konsisten dalam mendidik anak, sikap orangtua dalam keluarga, pengamalan agama yang dianut serta konsisten orangtua dalam menerapkan norma, sehingga tidak terjadi perilaku yang menyimpang serta kondisi emosional anak yang baik. Saran untuk peneliti lain: (1) mempengaruhi instrumen sehingga skala untuk penelitian lebih baik serta menambah jumlah responden agar memperoleh hasil yang akurat. Saran untuk guru: (1) Diharapkan untuk memaksimalkan perannya sebagai pendidik dalam memberikan pendidikan kepada orangtua anak misalnya kegiatan parenting.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPola Asuh Orangtuaen_US
dc.subjectPerilaku Moral Anaken_US
dc.subjectTK ABA IIen_US
dc.titleHubungan Pola Asuh Orangtua dengan Perilaku Moral Anak Kelompok B1 TK ABA II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record