Show simple item record

dc.contributor.advisorDAFIK
dc.contributor.advisorOktavianingtyas, Ervin
dc.contributor.authorPERTIWI, Nindya
dc.date.accessioned2020-07-27T05:41:41Z
dc.date.available2020-07-27T05:41:41Z
dc.date.issued2019-07-02
dc.identifier.nim150210101024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100059
dc.description.abstractSeiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi dan informasi kini telah membawa perubahan pesat dalam seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi tak hanya sebatas bisa mengoprasikan komputer saja, namun di saat sekarang ini perkembangan teknologi harusnya dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran atau dapat disebut media pembelajaran. Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika dapat membangkitkan keinginan, motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar matematika. Tujuannya untuk mengefektifitaskan proses komunikasi pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran, serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbagai hal. Saat ini telah banyak media pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah Cloud Classroom. Cloud Classroom merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media penugasan bagi siswa atau online quiz. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Jember. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, wawancara, rubrik penilaian, dan pedoman observasi. Hasil validasi soal tes yang dilakukan oleh 2 orang validator adalah 2,73 sedangkan hasil validasi pedoman wawancara adalah 2,8 dan hasil validasi pedoman observasi adalah 2,71 yang ketiganya termasuk dalam kategori valid. Pengambilan data di sekolah dimulai tanggal 10 April 2019 sampai 10 Mei 2019 dengan kegiatan awal yaitu observasi awal guna melihat lingkungan yang akan diteliti dan pendokumentasian data nilai ulangan harian siswa yang digunakan untuk uji homogenitas. Pada tanggal 8 Mei 2019 melakukan tes kemampuan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen kemudian melakukan wawancara terhadap 2 siswa pada tiap kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil analisis dan pembahasan terhadap uji T didapatkan besarnya koefisien korelasi pada kelas kontrol sebesar 0,356, hal ini menunjukkan bahwa ix hasil belajar siswa pada kelas kontrol sama antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Uji T yang dilakukan pada kelas eksperimen didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,001, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Pada uji independent sample t-test didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,518, hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis aktivitas siswa dilakukan pada kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan media online quiz berbasis Cloud Classroom. Dari 23 subjek diteliti dinyatakan dalam bentuk persentase menunjukkan hasil 61% siswa cukup aktif, 26% siswa sangat aktif, dan 13% siswa tidak aktif. Dapat disimpulkan bahwa media online quiz berbasis Cloud Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan cukup dapat membuat siswa lebih aktif untuk berbartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectOnline Quizen_US
dc.subjectCloud Classroomen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Online Quiz Berbantuan Cloud Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kombinatoriken_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN MATEMATIKA
dc.identifier.kodeprodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record