Pengaruh Online Quiz Berbantuan Cloud Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kombinatorik
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi dan informasi kini
telah membawa perubahan pesat dalam seluruh aspek kehidupan manusia, salah
satunya dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi tak hanya sebatas bisa
mengoprasikan komputer saja, namun di saat sekarang ini perkembangan teknologi
harusnya dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran atau dapat disebut
media pembelajaran. Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran
matematika dapat membangkitkan keinginan, motivasi, dan rangsangan kegiatan
belajar matematika. Tujuannya untuk mengefektifitaskan proses komunikasi
pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran, serta untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam berbagai hal. Saat ini telah banyak media pembelajaran
untuk menunjang kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah Cloud Classroom.
Cloud Classroom merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan
sebagai media penugasan bagi siswa atau online quiz.
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Jember. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah soal tes, wawancara, rubrik penilaian, dan pedoman
observasi. Hasil validasi soal tes yang dilakukan oleh 2 orang validator adalah 2,73
sedangkan hasil validasi pedoman wawancara adalah 2,8 dan hasil validasi
pedoman observasi adalah 2,71 yang ketiganya termasuk dalam kategori valid.
Pengambilan data di sekolah dimulai tanggal 10 April 2019 sampai 10 Mei
2019 dengan kegiatan awal yaitu observasi awal guna melihat lingkungan yang
akan diteliti dan pendokumentasian data nilai ulangan harian siswa yang digunakan
untuk uji homogenitas. Pada tanggal 8 Mei 2019 melakukan tes kemampuan pada
kelas kontrol dan kelas eksperimen kemudian melakukan wawancara terhadap 2
siswa pada tiap kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Dari hasil analisis dan pembahasan terhadap uji T didapatkan besarnya
koefisien korelasi pada kelas kontrol sebesar 0,356, hal ini menunjukkan bahwa
ix
hasil belajar siswa pada kelas kontrol sama antara sebelum dan sesudah diberi
perlakuan. Uji T yang dilakukan pada kelas eksperimen didapatkan koefisien
korelasi sebesar 0,001, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar
siswa pada kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Pada
uji independent sample t-test didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,518, hal ini
menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol
dan kelas eksperimen.
Analisis aktivitas siswa dilakukan pada kelas eksperimen yaitu kelas yang
menggunakan media online quiz berbasis Cloud Classroom. Dari 23 subjek diteliti
dinyatakan dalam bentuk persentase menunjukkan hasil 61% siswa cukup aktif,
26% siswa sangat aktif, dan 13% siswa tidak aktif. Dapat disimpulkan bahwa media
online quiz berbasis Cloud Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan
cukup dapat membuat siswa lebih aktif untuk berbartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.