Karakteristik Berpikir Geometri Siswa Pada Tingkat Visualisasi, Analisis, Dan Deduksi Informal Berdasarkan Teori Van Hiele
Abstract
Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang berperan penting
dalam proses pendidikan yang didapatkan disemua jenjang sekolah.
Matematika sangat erat hubungannya dengan kemampuan dalam bernalar,
kemampuan memahami konsep, dan kemampuan dalam berhitung. Materi
geometri merupakan salah satu materi dalam matematika yang dipelajari oleh
siswa. Geometri dapat diartikan sebagai cabang matematika yang mempelajari
tentang titik, garis, bidang, benda-benda ruang serta sifat-sifatnya, ukuranukurannya,
dan hubungan satu dengan yang lain. Dalam mengukur kemampuan
siswa mempelajari geometri maka diperlukan suatu indikator-indikator tertentu
untuk mengetahui cara atau proses siswa dalam memahami konsep geometri. Salah
satunya dapat menggunakan teori van Hiele dalam mendeskripsikan dan
mengidentifikasi tentang kemampuan berpikir geometri siswa.