Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/83820
Title: STRATEGI PEMASARAN PROGRAM STUDI DIPLOMA III USAHA PERJALANAN WISATA UNIVERSITAS JEMBER
Authors: Nugroho, Margaretta Andini
Putra, I Nyoman Darma
Keywords: strategi pemasaran
strategi alternatif
strategi prioritas
Universitas Jember
Issue Date: 29-Dec-2017
Abstract: Strategi pemasaran dibutuhkan oleh Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata (PS D-III UPW) Universitas Jember, untuk meningkatkan lebih banyak mahasiswa. Sejak beberapa tahun terakhir, siswa PS D-III UPW telah mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman PS D-III UPW, dan merumuskan strategi pemasarannya, dengan menggunakan metode analisis IFAS, EFAS, SWOT dan QSPM. Hasil IFAS dan EFAS mengidentifikasi bahwa PS D-III UPW memiliki 16 faktor kekuatan, 14 faktor kelemahan, 6 faktor peluang dan 3 faktor ancaman. Hasil SWOT mengidentifikasi beberapa strategi alternatif, yaitu informasi teknologi, motivasi siswa, kerjasama dalam industri pariwisata, promosi, fasilitas, produk yang kompetitif, sistem pembelajaran, kualitas sumber daya manusia, dan keterlibatan siswa di acara wisata Jember. QSPM mengidentifikasi bahwa peningkatan promosi sebagai strategi prioritas pertama.
Description: JUMPA Volume 4 Nomor 1 Juli 2017
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83820
ISSN: 2406-9116
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. ISIP_Jurnal_Margaretha_STRATEGI PEMASARAN PROGRAM.pdf336.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.