Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126273
Title: Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif pada TikTok Shop Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening
Authors: 

MAULIDYA, Zatil Aqmar
Keywords: Perilaku Konsumen
Marketplace
Hedonis
Pembelian Impulsif
Issue Date: 20-Jul-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Perkembangan tren media sosial serta perubahan perilaku konsumen yang terjadi membuat masyarakat beralih dari e-commerce menjadi social commerce. Perkembangan tersebut membawa dampak pada perubahan fitur-fitur di berbagai aplikasi media sosial. Masyarakat banyak memanfaatkan TikTok dalam segala aktivitas, salah satunya aktivitas jual beli. Adanya kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat dalam menggunakan TikTok Shop dapat merangsang timbulnya stimulus yang kuat pada diri seseorang. Fenomena itulah yang kemudian menimbulkan berbagai perilaku konsumen, seperti perilaku pembelian impulsif. Adapun faktor internal dan eksternal yang menyebabkan perilaku pembelian impulsif yaitu, motivasi belanja hedonis dan flash sale, serta terdapat variabel emosi positif yang memediasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan menguji mengenai pengaruh motivasi belanja hedonis dan flash sale terhadap pembelian impulsif pada TikTok Shop dengan menggunakan emosi positif sebagai variabel yang memediasi. Objek yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsumen di TikTok Shop. Ukuran sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 245 responden dari konsumen di TikTok Shop yang pernah melakukan pembelian tidak terencana dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan melalui survei daring berupa pengisian kuesioner yang tersedia pada google form. Adapun metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Partial Least Square (PLS) yang diolah melalui SmartPLS 4.0. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu motivasi belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, flash sale berpengaruh terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, flash sale tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif, dan flash sale berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif.
Description: Validasi_firli_7_Mei_25
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126273
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FINAL_ZATIL AQMAR MAULIDYA.pdf
  Until 2028-08-01
1.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools