Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126273
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorMAULIDYA, Zatil Aqmar-
dc.date.accessioned2025-05-08T01:43:57Z-
dc.date.available2025-05-08T01:43:57Z-
dc.date.issued2023-07-20-
dc.identifier.nim190810201202en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126273-
dc.descriptionValidasi_firli_7_Mei_25en_US
dc.description.abstractPerkembangan tren media sosial serta perubahan perilaku konsumen yang terjadi membuat masyarakat beralih dari e-commerce menjadi social commerce. Perkembangan tersebut membawa dampak pada perubahan fitur-fitur di berbagai aplikasi media sosial. Masyarakat banyak memanfaatkan TikTok dalam segala aktivitas, salah satunya aktivitas jual beli. Adanya kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat dalam menggunakan TikTok Shop dapat merangsang timbulnya stimulus yang kuat pada diri seseorang. Fenomena itulah yang kemudian menimbulkan berbagai perilaku konsumen, seperti perilaku pembelian impulsif. Adapun faktor internal dan eksternal yang menyebabkan perilaku pembelian impulsif yaitu, motivasi belanja hedonis dan flash sale, serta terdapat variabel emosi positif yang memediasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan menguji mengenai pengaruh motivasi belanja hedonis dan flash sale terhadap pembelian impulsif pada TikTok Shop dengan menggunakan emosi positif sebagai variabel yang memediasi. Objek yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsumen di TikTok Shop. Ukuran sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 245 responden dari konsumen di TikTok Shop yang pernah melakukan pembelian tidak terencana dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan melalui survei daring berupa pengisian kuesioner yang tersedia pada google form. Adapun metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Partial Least Square (PLS) yang diolah melalui SmartPLS 4.0. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu motivasi belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, flash sale berpengaruh terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, flash sale tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif, dan flash sale berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Mochammad Farid Afandi, S.E., M.Si Cempaka Paramita, S.E., M.Scen_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectPerilaku Konsumenen_US
dc.subjectMarketplaceen_US
dc.subjectHedonisen_US
dc.subjectPembelian Impulsifen_US
dc.titlePengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif pada TikTok Shop Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Interveningen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiManajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Mochammad Farid Afandi, S.E., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Cempaka Paramita, S.E., M.Scen_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_7_Mei_25en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_05_tanggal 08en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FINAL_ZATIL AQMAR MAULIDYA.pdf
  Until 2028-08-01
1.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools