Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112420
Title: Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Berbasis Powtoon dengan Sintak Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills
Authors: IRANI, Puji Rizki
SUMARDI, Sumardi
UMAMAH, Nurul
Keywords: Video Powtoon
Pembelajaran Sejarah
Inquiry Learning
CTS
Issue Date: 1-Nov-2022
Publisher: Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah
Abstract: Paradigma merdeka belajar dan perkembangan teknologi digital membawa perubahan besar dalam pembelajaran sejarah. Pendidik diharapkan berinovasi dalam pembelajaran guna mengembangkan Critical Thinking Skills (CTS) peserta didik. Namun hasil penelitian terdahulu dan observasi awal, menunjukkan permasalahan terkait rendahnya CTS peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah memberikan solusi alternatif rendahnya CTS peserta didik dengan mengembangkan video pembelajaran sejarah berbasis Powtoon dengan sintak model Inquiry Learning. Desain penelitian menggunakan tahapan pengembangan model ASSURE. Hasil penelitian dan pengembangan adalah video pembelajaran sejarah berbasis Powtoon dengan sintak model Inquiry Learning yang tervalidasi ahli efektif meningkatkan CTS. Rekomendasi dari temuan penelitian dan pengembangan ini, mempertimbangkan kelemahan video Powtoon yang harus online, perlu penelitian dan pengembangan lebih lanjut dengan mendesain video versi aplikasi Powtoon secara offline.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112420
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS POWTOON.pdf2.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.