Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104851
Title: Proses Berpikir Siswa Level Deduksi Informal Dalam Menyelesaikan Masalah Luas Permukaan Limas Dan Prisma Berdasarkan Tahapan Polya
Authors: SAHRITA, Titis
SUSANTO, Susanto
YUDIANTO, Erfan
SUGIARTI, Titik
SETIAWAN, Toto’ Bara
Keywords: Berpikir deduksi informal
tahapan Polya
luas permukaan limas dan prisma
Issue Date: 1-Jun-2021
Publisher: Transformasi :Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir geometri siswa dalam menyelesaikan masalah luas permukaan limas dan prisma melalui tahapan Polya. Subjek penelitian ini adalah dua siswa yang berada pada level deduksi informal di SMPN 3 Jember. Siswa diberikan tes tentang luas permukaan limas dan prisma, dilanjutkan dengan wawancara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa mengalami kondisi disequilbrium dan equilbrium dengan melalui asimilasi dan akomodasi dalam setiap tahap pemecahan masalah luas permukaan limas dan prisma, serta siswa juga memenuhi indikator kemampuan berpikir geometri Van Hiele pada level deduksi informal. Siswa memahami kondisi dan fakta masalah, mengidentifikasi himpunan sifat-sifat bangun yang berbeda-beda untuk mengkarakterisasi kelas dan mengaitkan antar karakteristik pembentuk konsep, menentukan rumus yang tepat dalam pemecahan masalah, dan memecahkan masalah dengan menekankan pada pentingnya sifat gambar dan relasinya
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104851
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_ERFAN_PROSES BERPIKIR SISWA LEVEL DEDUKSI INFORMAL DALAM.pdf7.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.